Iklan di header

Circle Of Fifths Pada Gitar Dan Alat Musik Lain

Bagi kalian yang baru belajar musik nih atau baru belajar gitar, pernah kan mencari kunci sebuah lagu? saya yakin pasti bingung mencarinya, padahal temen kita cukup mengetahui kunci dasar saja suah bisa tuh mencari chord dalam satu lagu secara cepat. Jangan-jangan temen kita punya indra ke-enam kali hehe.

Sebetulnya ada cara cepat mengetahui kunci sebuah lagu dengan mengetahui kunci dasarnya saja yaitu menggunakan circle of fifths . Dengan menggunakan circle of fifths kita dengan mudah mengetahui kunci kunci dasar sebuah lagu lho, keren gak tu hehe. Dan bukan hanya untuk mencari sebuah kunci lagu saja, tapi digunakan untuk mencari atau mengetahui kunci penghubung bagi kalian yang ingin membuat sebuah lagu. Emmm.. kayaknya penting banget ya circle of fifths ini.

Circle of fifths adalah sebuah diagram yang menggambarkan hubungan-hubungan antara satu kunci dengan kunci lainnya. Terus kenapa circle ya? karena memang bentuknya lingkaran dan sambung menyambung menjadi satu, kayak pernah dengar. 

Untuk diaggramnya seperti ini.
sebuah circle of fifths

Seberapa penting sih circle of fifths ini? jawabannya ya tergantung kita. Tapi setidaknya bagi seorang penulis lagu circle of fifths ini sangat membantu untuk mencari arah dan kunci penghubung apa nantinya yang akan dipakai.

Untuk cara menggunakannya sangat mudah banget karena tinggal baca saja tanpa harus menghitung seperti diaertikel lainnya.

Untuk cara penggunaannya seperti ini. Kalian lihat pada gambar sebelah kanan ada sebuah circle of fifths pada kunci C, karena saya ingin mengajarkan dari yang paling simpel dulu.

Kunci C berada dipaling atas menandakan kita menggunakan C mayor sebagai kunci dasar. Selanjutnya kalian lihat kunci C mayor ini di apit oleh tiga kunci lainnya yaitu F, G, dan Am yang berada dibawah kunci C. Jadi kunci  F, G, dan Am adalah kunci dasar lain yang akan kalian gunakan nantinya. Sampai disini berarti terdapat empat kunci dasar yaitu C, Am, F, dan G.

Selanjutnya adalah kunci penghubung kalau dalam gambar tersebut ada dibawah kunci dasar yaitu Dm dan Em. Kita bisa juga mengunakan kunci yang berwarna putih yaitu D, A, E, B namun kita jadikan minor dulu Dm, Am, Em yang pada akhirnya sama dengan kunci dibawah kunci dasar tadi. Untuk B jangan jangan terlalu difikirkan karena jarang digunakan dan nantinya akan merujuk pada C kembali.

Dari keterangan diatas apa yang kita peroleh? dengan mengetahui kunci dasar atau kunci awal sebuah lagu kita akan mudah mencari kunci apa nantinya yang akan dibuat beserta kunci penghubungnya. Pada ilustrasi diatas kita dapat menyimpulkan, dengan menggunakan kunci dasar C maka kita bisa menggunakan F, Am dan G sebagai kunci dasar dan Dm, Em sebagai kunci penghubung.

Coba kita memakai kunci dasar G maka kita bisa dengan mudah bahwa C, Em, dan D merupakan kunci yang bisa kita buat kunci dasar sedangkan Am dan Dm bisa kita jadikan sebagai kunci penghubung.

Nah kalau kalian sudah mengerti maka, untuk mencari kunci penghubung pada kunci lainnya akan lebih mudah. Kalian tinggal memutar circle of fifths ini sampai kunci dasarnya berada diuruturan paling atas. Kalian boleh saja mendownload gambar di bllog ini lagu simpan di hape kalian maka kalian bisa dengan mudah memutar gambarnya. kalau dikomputer kalian tingga rotasi gambarnya, asal jangan komputernya yg di balik ya hehehe.

Mudah sekali bukan, akan lebih cepat mengerti kalau kita mengetahui konsep yang dipakai circle of fifths di atas.

circle of fifths adalah pdf songwriting online jazz progressif guitar diagram apk a minor fourths

Belum ada Komentar untuk "Circle Of Fifths Pada Gitar Dan Alat Musik Lain"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel