Iklan di header

Tips Membeli Gitar Akustik Bagi Pemula


Sekarang ini musik merupakan bagian terpenting dari manusia. Dimana-mana selalu terdengar musik baik dari radio, televisi, komputer, atau yang lainnya. Tidak ada lagi pagar yang membatasi suatu musik, dan kini musik sudah berkembang dan lebih berwarna.

Terkadang di saat kita mendengarkan suatu musik dan timbul rasa suka, kita akan selalu ingat pada musik tersebut. Dengan tidak sadar anda menghafal liriknya, atau bagian-bagian dari musik yang didengar tadi, atau anda menyukai suara dari salah satu instrumen musik tersebut.

Salah satu instrument yang paling popular adalah gitar. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik ini sudah bukan lagi barang mewah dan semua kalangan bisa membelinya. Mungkin salah satunya adalah anda yang hendak atau sedang belajar alat musik ini, tentunya anda harus mempunyai gitar kan kalau ingin belajar.

Terkadang saat anda ingin membeli gitar, anda akan merasa bingung untuk membelinya, kebingungan tersebut biasanya meliputi harga dan bentuk yang harusnya anda pilih. Jikan anda dihadapkan dengan masalah yang saya sebutkan diatas, anda bisa mengikuti cara-cara yang saya jelaskan dibawah ini.

1. Ketahui Aliran Atau Genre Apa Yang Anda Sukai

mengetahui genre atau aliran musik yang hendak anda pelajari sangat penting, sebelum anda membeli gitar baru. Gitar mempunyai bentuk dan desain yang berbeda-beda dipasaran, namun anda harus mengetahui baik dari bahan dan tujuan gitar anda nanti.

Jika anda ingin belajar musik klasik saya sarankan anda untuk membeli gitar dengan senar nilon, karena kebanyakan gitar yang dipakai oleh pemain gitar musik klasik adalah gitar dengan senar nilon. Suara yang dihasilkan pun berbeda dengan gitar akustik biasa. Gitar bersenar nilon menghasilkan suara yang lebih lembut dan bulat.

Jika anda ingin belajar gitar untuk mengiringi sebuah lagu, saya sarankan anda membeli gitar akustik bersenar baja. Gitar dengan senar baja menghasilkan suara yang keras dan tajam, sangat berbeda dengan gitar akustik klasik. Dengan suara yang lebih jelas dan tajan, akan sangat cocok untuk mengiringi sebuah lagu.

2. Perhatikan Bagian-Bagian Gitar Secara Rinci

Jika anda sedang berada ditoko alat musik dan mendapati gitar-gitar yang dipajang, coba perhatikan dan sentuh semua bagiannya. Gitar yang dbuat dengan bahan yang bagus dan rapi, akan menghasilkan suara yang lebih indah, selain itu gitar nantinya akan awet dan tidak mudah rusak.

Perhatikan kayu yang dibuat. Kayu yang diapaki untuk gitar biasanya mahogany, rosewood, spruce, dan lain-lain. Setiap kayu akan menghasilkan perbedaan suara. Jadi selain dari fisik dan rupa dari gitar, selera anda juga turut mendukung nantinya.

3. Pilih Bentuk Gitar Yang Sesuai Kenyamanan

Bentuk dan desain gitar itu banyak seklai. Ada yang berbentuk 8 ada yang berbentuk potonga, dan lain lain.  Coba anda mainkan gitar yang hendak dibeli, mainkan dan rasakan apakah enak dan nyaman, apakah tangan anda susah digerakkan atau tidak mampu meraih neck gitar, jadi memang perlu memilih satu per satu.

Jika anda berbadan besar jangan memilih gitar yang terlalu kecil, dan sebaliknya jika anda berbadan kecil jangan memilih gitar yang jumbo. Kedua hal tersebut akan sangat berpengaruh nantinya. Dari pada anda menyesal lebih baik jangan terburu-buru saat memilih.

4. Test Suara Yang Dihasilkan Gitar

Jika anda mengajak teman saat membeli gitar, coba anda meminta tolong untuk memainkannya dari jauh. hal ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa suara jika didengar dari jarak jauh. Banyak seklai gitar yang dimainkan dengan keras tapi tidak terdengar walau dari beberapa meter saja.

Bentuk yang besar biasa akan menghasilkan suara yang lebih besar, namun akan sulit membanya kemana-mana. Tergantung anda nantinya saat memeilih. Jika anda lebih suka yang keras pilih gitar dengan bentuk yang relatif besar.

5. Membeli Perlengkapan Lainnya

Jika anda sudah membeli sebuah gitar, tidak ada salahnya anda membeli asesoris lainya. Dengan adanya asesoris pendukung nantinya anda akan sangat mudah mengembangkan permainan gitar hingga mencapai level profesional.

Terdapat beberapa asesoris yang tersedia di toko alat musik atau online shop. Ingat jangan tergoda untuk membeli semuanya, belilah yang menurut anda akan dibutuhkan saat belajar atau dikegiatan lainya. Berikut asesoris-asesoris gitar yang perlu anda ketahui:
  • Pick Gitar
  • Tali Gitar
  • Tas
  • Tuner digital atau garpu tala
  • Pitchpipe
  • Finger Pick
  • Buku belajar gitar
  • Senar cadangan
  • Kabel Jack
  • Ampli

Nah itulah tips-tips yang mungkin akan membantu anda jika ingin membeli sebuah gitar akustik.

Tips membeli gitar akustik cara membeli gitar yang bagus membeli gitar akustik bekas tips membeli gitar akustik cara membeli gitar akustik yang bagus cara membeli gitar akustik yang baik panduan membeli gitar akustik  tips membeli gitar akustik bagi pemula tips membeli gitar akustik custom

Belum ada Komentar untuk "Tips Membeli Gitar Akustik Bagi Pemula"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel