Iklan di header

Cara Stem Biola

Sebelum anda menjalani latihan dan mempraktekkan semua yang sudah anda pelajari untuk dapat memainkan biola, sebaiknya anda menstem dulu biola anda agar sama dan menghasilkan nada-nada standart yang selaras dengan alat musik lainnya.

Menstem biola merupakan hal yang dilakukan untuk menselaraskan nada-nada pada senar biola agar mencapai tinggi nada yang sesuai dengan standart nada yang telah ditentukan internasiol.

Menstem biola dilakukan dengan menegangkan senar dan memutar tuning yang berada dikepala biola tujuannya agar mencapai nada tinggi atau menurunkan tegangan senar agar mencapai nada yang rendah.

Jika anda masih pemula dan ingin belajar menstem biola, anda harus mempelajari dan mengetahui hal berikut ini:
  • Memahami Not-Not Senar Terbuka Pada Biola
  • Menggunakan Alat-Alat Bantu Untuk Memudahkan Pensteman
Dengan mengetahui dua hal diatas akan memudahkan anda melakukan proses penyelarasan. Untuk pemula pasti akan bingung, namun akan saya terangkan dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Memahami Not-Not Senar Terbuka Pada biola

Hal pertama yang perlu anda pelajari adalah mengetahui not-not terbuka pada biola, maksudnya apa sih not terbuka? Not terbuka adalah not yang dibunyikan tanpa harus ditekan oleh jari tangan kiri, bisa dibilang terbuka karena tanpa ditekan oleh jari.

Pada biola karena mempunyai 4 senar maka terdapat empat not terbuka dimulai dari senar paling atas yang paling besar yaitu (G-D-A-E). Dengan kata Lain senar nomor 4 yang merupakan senar terbesar jika anda membunyikannya tanpa ditekan maka akan menghasilkan nada G, senar no 3 adalah nada D, senar no 2 adalah nada A, dan senar no 1 akan menghasilkan nada E. Perhatikan gambar dibawah ini.

Perhatikan senar yang saya beri simbol huruf

Pada gambar diatas senar-senar biola tersebut sudah saya beri simbol huruf, dengan anda mengetahui simbol nada tersebut anda dapat dengan mudah menelaraskan dengan alat musik lainnya.

Menstem biola menggunakan piano atau keyboard

Sekarang coba kita praktekkan bagaimana caranya jika anda ingin menstem dengan alat musik lain. Saya ambil contoh alat musik piano atau keyboard karena alat musik ini sangat popular.
  1. Pertama-tama bunyikan piano anda pada not G (sol), kemudian dengarkan dan ingat-ingat tinggi nada tersebut.
  2. Kedua anda bunyikan senar nomor 4 yaitu G yang sudah saya beri contoh diatas.
  3. Dengarkan suara yang dihasilkan biola anda apakah sama dengan bunyi piano, jika terlalu rendah maka kencangkan senar jika terlalu tinggi maka regangkan. Lakukan hal tersebut sampat nada biola sama persis dengan suara piano.
Jika anda sudah berhasil menstem senar nomor 4 maka selanjutnya anda beralih menstem senar nomor 3 (D) dan begitu seterusnya sampai ke-4 senar biola anda selaras dengan piano. Agar lebih jelas perhatikan gambar berikut ini.

Selaraskan masing-masing nada
Pada gambar diatas anda hanya perlu mengikuti dan membunyikan nada-nada sesuai senar mana yang ingin anda stem. Jika anda ingin stem senar no 1 tinggal menekan tuts piano yang sudah saya beri simbol E (mi).
Ingat ya yang menjadi patokan adalah suara piano, bukan sebaliknya. 

Stem Biola Dengan Menggunakan Gitar

Kedua kita coba aplikasikan menstem biola dengan alat musik gitar karena langkahnya juga tidak terlalu sulit, namun jika anda menggunakan gitar anda memerlukan bantuan rang lain untuk membunyikan nada pada gitar, tidak mungkin kan anda akan memegang dua alat musik sekaligus.

Langkahnya sama dengan diatas selaraskan suara senar biola dengan suara nada yang dihasilkan gitar. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah.



Cocokkan nada biola dengan senar gitar pada gambar diatas
Perhatian : Gitar yang anda gunakan haruslah nada standart, jika gitar yang dipakai sumbang tentu suara biola akan sumbang juga.

Menyetem Biola Menggunakan Alat Bantu tuner

Selain menggunakan alat musik lain anda juga bisa menggunakan alat-alat tertentu yang bisa menghasilkan nada standar untuk stem senar biola. Alat-alat tersebut ialah.

Pitchtone pipe

Pitchtone pipe ialah alat yang terdiri dari rangkaian pipa-pipa yang ditiup dan akan menghasilkan nada standart C-D-E-F-G-A-B-C.


Garpu Tala




Garpu Tala yaitu alat yang berbentuk garpu yang jika diketuk akan menghasilkan suara jika didekatkan pada telinga. Nada yang dihasilkan tersebut adalah nada standart A.

Tuner Handphone





Anda dapat mendownload dan mencarinya di play store, banyak sekali yang menawarkan tuner gratis untuk biola. Sebenarnya saya lebih merekomendasikan anda untuk menstem biola dengan menggunakan aplikasi android, Alasannya karena lebih mudah dan hamir tidak mengeluarkan biaya sedikitpun.

Untuk cara pakanya anda hanya perlu membunyikan senar yang ingin di stem lalu perhatikan indikator tuner. Jika terlalu tinggi maka kendurkan dan sebaliknya jika terlalu rendah, anda dapat mengencangkan senar tersebut supaya mencapai nada standar.





Tips : Jika anda mengalami kesusahan saat hendak menstem biola, gunakan fine tunig yang berada pada pengait senar bagian bawah. Putar sedikit demi sedit hingga mencapai nada standar.

Fine tuning
Stem biola 4/4 stem biola 3/4 stem biola apk stem biola mp3 aplikasi stem biola android cara stem biola dengan aplikasi kunci stem biola stem biola dengan tuner alat stem biola cara stem biola baru

Belum ada Komentar untuk "Cara Stem Biola"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel