Iklan di header

Cara Belajar Dasar Kunci Gitar Akustik Untuk Pemula

Halo sobat semua kali ini saya ingin membahas salah satu alat musik paling popular dan paling banyak dimainkan didunia yaitu gitar. Nantinya akan saya jelaskan secara singkat mulai dari sejarah gitar, apa saja yang perlu anda lakukan selama belajar gitar, bentuk-bentuk  dasar kunci gitar, dan contoh lirik disertai kunci gitar. Beberapa point yang saya sebutkan akan menjadi pondasi dan pengetahuan anda untuk kedepannya, jadi saya harap anda membacanya sampai habis. Untuk pertama-tama saya mulai dari sejarah gitar.

Sejarah Singkat Gitar

Menurut Wikipedia gitar merupakan alat musik yang berasal dari Persia, namun pada waktu itu bentuk dan suaranya tidaklah sama dengan gitar modern saat ini. Nama Gitar merupakan nama yang diambil dari sebuah instrument petik kuno dari bangsa Persia, lalu bentuknya pun berubah-ubah dan bergati nama menjadi tanbur.

Tanbur kemudian dikembangkan lagi oleh bangsa Yunani hingga 6 abad kemudian dibawa  ke Spanyol oleh bangsa Romawi. Di Spanyol alat musik tersebut terbagi menjadi dua yaitu Guitarra morisca yang gunakan untuk memainkan melodi, dan Guitarra Latina yang khusus memainkan chord.



Sejalannya waktu tiga abad kemudian terdapat sebuah gitar gabus yang dibawa oleh bangsa Arab ke Spanyol yang bernama al ud, kemudian setelah itu bangsa Spanyol membuat alat musik khas mereka sendiri yang bernama vihuela.

Kedua alat musik tersebut berkembang bersamaan, walau al ud dari bangsa arab lebih diterima, vihuela terus berkembang hingga akhirnya menyaingi al ud. Vihuela pun terus berkembang menjadi berbagai macam gitar hingga sampai saat ini kita menyebutnya gitar klasik.

Nah dengan berpegang dengan sejarah singkat diatas, kemungkinan besar gitar modern merupakan perkembangan  dari gitar klassik yang berasal dari Spanyol. Perkembangan terjadi dimana tidak lagi dipakainya senar nilon, namun dengan senar stainless hingga munculnya gitar listrik yang kita kenal saat ini.

Beberapa Perlengkapan Yang Membantu Permainan Gitar Anda

Sebagai pemula tentu anda akan kesulitan untuk mempelajari dan menggunakan gitar, hal tersebut wajar karena anda baru pertama kali memegang gitar. Nah saran saya anda perlu membeli dan memiliki beberapa perlengkapan yang nantinya mempermudah anda untuk memainkan dan memegang gitar anda.

Pick Gitar

Pick merupakan material yang berbentuk sangat tipis yang berguna untuk mempermudah memetik senar gitar. Ketebalan dan bentuk pick berbeda-beda dan digunakan sesuai kebutuhan. Kebanyakan pick dipasaran terbuat dari bahan plastik, walaupun ada beberapa yang terbuat dari bahan lain seperti logam dan tulang.

Pick yang tipis sangat cocok digunakan untuk memainkan rhtyhm sedangkan pick tebal untuk memainkan melodi. Saran saya pakailah pick yang tipis terlebih dahulu yaitu 0,2-0,5 mm. Namun kalau anda tidak nyaman pakailah yang tebah, tidak ada ketentuan khusus dalam penggunaan pick, yang terpenting adalah rasa nyaman saat bermain gitar.

Strap Gitar

Strap merupakan alat yang berfungsi untuk menahan gitar saat anda memainkannya dalam keadaan berdiri. Bahan pembuatan Strap adalah kain yang dipasangin kulit dikedua ujung untu mengaitkan gitar. Panjang strap pun dapat diatur sesuai keinginan anda, karena postur tubuh setiap orang berbeda-beda dan juga gaya bermainya.

Alat Stem Gitar

Alat ini sangat dibutuhkan bagi anda yang baru pertama kali mengenal gitar, karena setiap hari atau setiap minggu senar gitar perlu di stem untuk menjaga senar yang dihasilkan tidak sumbang. Alat stem gitar banyak dijual di toko-toko alat musik dan harganya juga bervariasi mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu.

Sebagai alternatif anda dapat menggunakan handphone android anda untuk dijadikan alat stem gitar dengan mengunduh aplikasinya dari internet. Caranya sangat mudah anda dapat membacanya pada artikel saya sebelumnya yaitu aplikasi tunner gitar gratis untuk android.

Posisi Memegang Gitar Yang Baik Dan Benar Untuk Pemula

Sebenarnya saya sudah membahas masalah ini di artikel sebelumnya, namun akan saya ulangi secara singkat saja. Dalam memegang sebuah gitar terdapat dua posisi yang sering dipakai, yaitu posisi memegang gitar klasik dan posisi memegang gitar kasual, terdepat beberapa perbedaan diantara keduanya.

Posisi memegang gitar klasik

Untuk posisi memegang gitar klasik anda menempatkan lekukan gitar pada paha kiri dan seolah-olah anda sedang mengapit gitar menggunakan kedua paha anda. Posisi neck atau leher gitar akan sedikit tegang dan menghadap keatas.

Posisi memegang gitar klasik
Posisi memegang gitar kasual


Posisi kasual merupakan posisi yang paling sering digunakan oleh musisi dan seniman musik. Walau tidak se efisien posisi memegang gitar klasik, namun mode kasual ini sangat popular mungkin karena keterbiasaan dan lebih keren hehe.

Untuk kali ini saya mensarankan anda untuk menggunakan posisi kasual untuk belajar, alasannya karena mulai terbiasa dengan posisi yang sering dipakai musisi lain. Namun lama-kelamaan saya yakin anda akan menemukan posisi terbaik untuk bermain gitar.

Posisi yang salah saat memegang gitar

Bukan hanya posisi yang benar saja yang perlu anda pelajari, namun juga posisi yang salah. Hal ini bertujuan untuk menghindari anda memakai posisi yang salah dan dapat mengganggu dan menghambat perkembangan permainan gitar anda.

Posisi yang salah ini sering sekali dilakukan pada orang yang baru pertama kali belajar gitar, dan jika dibiarkan maka saya yakin anda tidak leluasa saat berlatih.

posisi menahan gitar yang salah

Kunci Dasar Gitar

Setelah anda merasa bosan dengan penjelasan saya yang panjang, kini waktunya anda mengetahui kunci dan diagram chord dsar pada gitar. Dalam hal ini saya hanya memberi file berupa foto karena akan susah jika dijelaskan, dan tentu membuat anda bingung.








Diatas merupakan kunci dasar gitar yang bisa anda pelajari, pakailah diagram chord diatas pada sebuah lagu. Coba anda cari kunci lagu favorit anda, kemudian mainkan dengan mengikuti kunci gitar diatas, jika anda masih belum bisa teruslah berlatih setiap hari.

Dibawah ini saya tambahkan sedikit kunci yang sering dipakai selain kunci dasar diatas:


Sebagai latihan coba anda mankan lagu Peterpan  yang berjudul Semua Tentang Kita, dan pergunakan diagram chord yang saya berikan diatas:



Saran terakhir saya jangan berkecil hati jika anda gagal walaupun telah menerapkan semua hal yang telah saya jelaskan diatas, teruslah bersaha. Saya tidak akan menjamin anda akan menjadi gitaris profesional dalam beberapa minggu namun masa depan akan dimulai dari hal-hal kecil seperti diatas.

Usahakan semua tubuh anda relax saat bermain gitar, karena jika anda tegang maka otot-otot anda akan mengalami cidera. berlatih lah selama 30 menit setiap hari dan hindari berlatih terlalu lama karena istirahat merupakan bagian dari latihan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Belajar Dasar Kunci Gitar Akustik Untuk Pemula"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel