Iklan di header

Alat musik gitar

Gitar dengan senar nilon
Pernah kan dari kalian melihat seorang bermain gitar? Ya pasti dong. Gitar sudah menjadi alat musik paling popular saat ini, dan sudah menjadi gaya hidup banyak orang. Pada artikel kali ini saya akan mengupas apa sih gitar ini dan kenapa kok alat musik menjadi alat musik paling banyak dimainkan.

Gitar merupakan alat musik bersenar yang dimainkan dengan cara dipetik, baik menggunakan jari atau menggunakan pick gitar. Bagian bagian pada gitar terdiri dari bodi/badan gitar, neck/leher gitar dan string/senar yang dipetik.

Ada dua jenis senar yang dipakai pada gitar yaitu senar nilon dan senar baja. Untuk senar nilon biasanya dipakai untuk gitar pada musik klasik, dan senar baja pada gitar akustik dan elecktrik.

Gitar akustik

Gitar akustik
Gitar akustik pada umumnya terdapat lubang pada bodinya, yang berfungsi menjadi ruang resonansi yang akan menjadikan suara lebih besar. Biasanya lubang ini berada ditengah bodi gitar tepat dibawah senar gitar yang kita petik. Semakin besar bodi gitar, maka suara yang dihasilkan akan lebih keras. Selain lubang yang berukuran besar, ada pula gitar yang lubang resonansinya berukuran kecil-kecil.

Bunyi gitar akustik akustik sebenarnya dihasilkan dari getaran senar yang bergetar antara leher gitar, dengan jembatan atau brigde, lalu  diperkuat oleh bodi gitar yang berfungsi sebagai lubang resonansi.



Gitar elektrik

Gitar elektrik elektrik ini diperkenalkan pada tahun 1930an. Pada awalnya gitar elektrik adalah gitar akustik yang diberi alat pickup yang bertujuan untuk memperbesar suara yang dihasilkan. Pick up berfungsi untuk mengubah getaran senar ke dalam bentuk sinyal, yang kemudian diteruskan kepengeras suara melalui kabel.

Nah kembali pembahasan di awal kok bisa gitar menjadi alat musik yang paling banyak dimainkan, jawaban setiap orang pasti berbeda-beda. Namun bagi saya alasannya.
  1. Setiap musik genre rata-rata menggunakan gitar sebagai instrumen didalamnya contohnya pop, rock, metal, dangdut, keroncong, raggae, jazz, hip hop dll. Dari semua genre musik yang dipaparkan tadi, tidak akan lengkap kalau tidak di beri sentuhan gitar.
  2. Yang kedua karena gitar sangat cocok mengiringi hampir semua lagu. Banyak kan di youtube video mengcover lagu orang lain, nah biasanya rata-rata dari mereka banyak menggunakan gitar sebagai instument tunggal.
  3. Karena gitar sangat compact. Bentuknya yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil menjadi keunggulan tersendiri.
  4. Mudah dibawa kemana-mana dan mudah merawatnya.
  5. Yang terakhir mungkin karena harganya murah dibanding alat musik yang lain. Dengan uang 150rb sudah bisa membeli alat ini. Namun perlu di ingat kualitas menentukan harga lho ya.
Sudah paham bukan. Jadi bagi kalian yang ingin belajar gitar ayo cepetan beli hehe.
Gitar akustik yamaha togel spanyol cort kecil ibanez mini murah alat musik gitar menggunakan tangga nada alat musik gitar termasuk alat musik alat musik gitar mempunyai titik-titik senar alat musik gitar listrik alat musik gitar terdiri atas berapa senar alat musik gitar dimainkan dengan cara alat musik gitar akustik alat musik gitar akustik memiliki titik-titik dawai

Belum ada Komentar untuk "Alat musik gitar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel