Iklan di header

Tips Membeli Biola Bagi Pemula Yang Baik Dan Benar


Jika anda berminat untuk bermain biola tentunya anda perlu membeli alat musik gesek ini bukan, namun keterbatasan pengetahuan tentang membeli biola mana yang bagus, menjadi kendala bagi anda? tenang saja dibawah ini saya ingin memberi tips membeli alat musik biola yang benar untuk pemula.

Dalam dunia ekonomi ada ungkapan "kualitas menentukan harga", memang benar biola yang bagus dari segi kualitas akan menentukan seberapa mahal biola tersebut, namun perlu diingat ada point lain yang tidak kalah penting yaitu ukuran biola.

Jika anda masih pemula sangat penting untuk membeli biola dengan ukuran yang pas dengan tangan anda, tujuannya supaya permainan anda akan leluasa nantinya. Dibawah ini adalah tips membeli biola yang baik dan benar untuk pemula.

1. Coba sebelum beli

Jangan pernah membeli biola sebelum mencobanya. Cobalah lebih dari satu biola sampai mendapatkan jenis biola yg cocok. Bawalah beberapa bow untuk mencoba biola-biola tersebut. Biasanya bow dan biola dapat dibeli terpisah, jadi kita mampu mempersiapkan bow sendiri. Mainkan biola dengan bow berbeda untuk mendapatkan kombinasi yg paling cocok.

2. Bawa seorang pemain biola yang mengetahui seluk beluk biola

Bawalah seorang teman yg merupakan seseorang pemain biola, khususnya apabila pertama kali ingin membeli biola. Apabila tidak ada, bawalah seseorang teman yang mengetahui dunia musik. Ini akan mengurangi risiko membeli biola mahal tetapi kualitasnya jelek. Teman yg mengerti biola akan membantu kita memilih mana biola yang paling cocok. Namun demikian, selera anda lah yang berperan penting, biola mana yang akan dibeli.

3. Dengarkan biola dari dekat & dari kejauhan

Seperti halnya instrument lainnya, ada perbedaan ketika memainkan sebuah alat musik dari dekat maupun dari jauh. Dan inilah keuntungan anda membawa seorang teman. Jika sahabat yang dibawa bisa memainkan biola, cobalah dengarkan dari jarak relatif jauh. Kita akan mengetahui suara yang dihasilkan dari jauh maupun dekat.

4. Membeli biola murah dulu

Ada tren yang mengatakan bahwa pemula sebaiknya membeli biola murah terlebih dahulu. Pemula umumnya tidak  terlalu memperhatikan kualitas suara, namun yang terpenting menguasai teknik dan tata cara yang benar dalam memainkannya. Anda juga tidak akan menyesal jika biola tidak terpakai lagi, atau jika suatu saat anda kehilangan semangat belajar biola.

Tapi sebaiknya jangan pilih biola yg terlalu murah, karena sangat mungkin kualitasnya sangat buruk. Walau demikian, semua tergantung budget. Kalau memang punya dana yang cukup buat membeli yang bagus dan mahal, kenapa tidak? Yang penting jangan sampai salah membeli biola mahal namun kualitasnya murahan.

5. Ukuran biola

Ukuran biola terdapat bermacam-macam. Yang paling besar ukuran 4/4 atau disebut pula full size. Ukuran ini tidak disarankan untuk pemula yang masih kecil, karena akan kesulitan dalam memegangnya. Untuk orang dewasa usahakan pilih berukuran 4/4 atau 3/4.

6. Kualitas kayu

Untuk instrumen seperti biola, kualitas kayu sangat menentukan lho. Tidak hanya kualitas bunyi, ketahanan juga dipengaruhi oleh jenis kayu. Kalau kualitas kayu jelek, maka biola malah gampang rusak.

7. Senar Biola

Senar biola dibagi sebagai tiga jenis. Yang paling mahal & sulit dirawat namanya (gut). Yang kedua, baja. Yang ketiga, senar buatan. Senar yang terakhir ini bisa menghasilkan nada jernih dan lembut. Untuk pemula, senar jenis sintesis yang direkomendasikan.

8. Kelengkapan

Selain bow & biola ada beberapa kelengkapan lain yg sebaiknya disediakan juga, misalnya penahan dagu, shoulder rest, tas biola, juga rosin.

9. Beli di toko musik tepercaya

Beli barang hanyadi toko tepercaya! Memang ini saran standar saat ingin membeli biola. Tidak masalah beli di toko yg belum punya reputasi, jika kita memang mengerti biola atau membawa teman yang mengerti biola. Jika tidak, alangkah baiknya anda beli di toko yg telah punya nama. Ini untuk meminimalisir risiko membeli biola yang harganya berbanding terbalik dengan kualitas biola.


tips membeli biola online tips memilih biola tips memilih biola bagi pemula tips beli biola untuk pemula tips memilih biola pemula  tips membeli biola untuk pemula  tips membeli biola bagi pemula tips membeli biola pemula tips membeli biola second tips memilih senar biola

Belum ada Komentar untuk "Tips Membeli Biola Bagi Pemula Yang Baik Dan Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel