Biola merupakan alat musik yang dimainkan menggunakan cara digesek. Instrumen jenis ini sangat menyenangkan dan indah jika dimainkan. Anggota AVC (Alliance Violine Comunity) Bandung, Agustika menyampaikan untuk mahir main biola membutuhkan waktu yg cukup panjang "Namun harus punya kesabaran dan semangat yang besar , jika anda ingin mahir memainkannya," kata Agustika. Menurut Agustika, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan bagi pemula bila ingin memainkan biola.

Lagkah-langkah itu pada antaranya ialah :

1.Kencangkan bow (alat penggesek senar biola)


Sumber flickr
Bulu pada bow umumnya dibiarkan lemas jika tidak dipakai. Karena itu Anda harus mengencangkannya terlebih dahulu sebelum digunakan. Caranya ialah memutar skrup yg terdapat dalam bagian ujung bow. Putar sampai tercipta jarak antara rambut dengan tangkai bow kira-kira selebar bulatan pensil. Jangan gunakan jari kelingking Andauntuk mengukur, lantaran minyak alami dalam kulit jari bisa berpindah ke bulu bow. Bulu bow wajib kering agar helai bow awet.

2. Gosok bulu bow menggunakan rosin


Sumber filckr
Rosin biasa terdiri menurut 2 jenis, yaitu yg berwarna gelap & berwarna cerah. Dua-duanya sama saja & bisa digunakan. Tujuan menggosok bulu bow dengan rosin ini agar bulu bow menjadi sedikit lengket & bisa mencengkeram senar biola waktu digesekan. Gosok bulu bow dengan rosin secara lembut berdasarkan ujung ke ujung. Cukup lakukan 3 sampai 4 kali saja, lantaran bila terlalu banyak, bulu bow mampu menjadi sangat lengket & terlalu bertenaga mencengkeram senar biola. Hal Ini akan menghasilkan suara yg terlalu nyaring dan menusuk telinga.

3. Menyetem senar biola

Setiap akan memainkan biola, Anda perlu menyetem senar biola supaya membuat nada standar. Urutan nada pada senar biola mulai dari nada terendah sampai yg tertinggi adalah G - D - A - E. Anda dapat memakai tuner listrik ataupun pitchpipe untuk membantu menyetem senar biola. Putar pasak tuning yg berada pada ujung leher biola sampai anda mendapatkan nada yg tepat.

4. Cara memegang bow (tongkat gesek)

Letakkan bagian tengah jari telunjuk dalam pegangan tongkat (pada bagian yg sedikit empuk) dan jari jempol untuk menahannya pada arah yang berlawanan. Sedangkan posisi jari tengah sampai kelingking adalah sejajar dengan jari telunjuk. Pegang bow dengan santai sehingga sedikit fleksibel ketika digunakan buat menggesek senar biola. Jangan terlalu ketat & kaku.

5. Cara memegang biola

Berdiri atau duduklah dengan posisi punggung lurus. Pegang leher biola menggunakan tangan kiri & letakkan badan biola pada bahu & menempel ke leher anda. Jepit biola menggunakan tulang rahang Anda (bukan tulang dagu). Fungsinya agar posisi biola bisa stabil & tidak bergeser.

6. Sempurnakan posisi tangan

Untuk tangan kiri yg memegang biola, Anda harus memposisikan telapak tangan sedikit dibawah dagu, agar posisi biola lurus dan sejajar. Untuk tangan kanan yg memegang bow, sebagai pemula Anda harus memulai dengan mengangkat tangan dengan tinggi mungkin. Hal ini untuk memudahkan Anda menggesek senar biola dimulai dari nada terendah sampai nada tertinggi.

7. Mulailah belajar menggesek senar biola

Mulai dengan menggesek senar dalam keadaan terbuka (open string). Mulai dengan menggesek panjang, lalu pendek. Gesek menggunakan tekanan, lalu lembut. Hal Ini akan membiasakan pendengaran & tangan Anda buat mendapatkan tekanan bunyi yg sinkron. Setelah itu Anda dapat melatih memainkan nada do-re-mi-fa-sol-la-si dalam setiap senar.
bermain biola termasuk gaya bermain biola untuk pemula bermain biola otodidak bermain biola bagi pemula bermain biola secara otodidak bermain biola dalam islam bermain biola dengan baik bermain biola youtube bermain biola pdf