Iklan di header

Nama Dan Nilai-Nilai Pada Tanda Diam Not Balok Lengkap

Pada partitur sebuah lagu bukan hanya not nada yang dimainkan saja yang mempunyai nilai namun tanda diam pun mempunyai nilai.  Tanda diam dipakai untuk mengisi bagian yang tidak di ingin anda mainkan dalam sebuah lagu, artinya jika anda menemukan tanda ini maka tidak ada not yang di mainkan.

Ada beberapa jenis tanda diam yang ada dalam musik, baik nilai dan lamanya berbeda-beda tergantung seperti apa bentuk yang ditulis. Tanda diam yang sering dipakai antara lain tanda diam penuh, tanda diam setengah, tanda diam seperempat, tanda diam seperdelapan, dan tanda diam seperenambelas. Agar anda mudah dalam mengerti  tanda diam, baca terus artikel ini sampai habis.


Pohon Diam/Rest Tree

Selain yang saya sebutkan di artikel sebelumnya tentang beberapa tanda notasi yang menunjukkan waktu dalam memainkan not, saat ini saya ingin menjelaskan pasangannya yaitu tanda diam atau dalam sebutan bahasa inggrisnya (rest).

Tanda diam yang akan saya jelaskan ini memiliki nilai yang sama dengan not bunyi, namun hanya bentuknya saja yang berbeda.  Fungsi tanda diam ini ialah menunjukkan atau membantu pemain musik untuk diam atau tidak memainkan not dan alat musiknya.

Jika anda masih bingung atau belum mengerti yang saya jelaskan, anda bisa memperhatikan gambar dibawah ini yang menunjukkan nilai pada tanda diam yang susunannya sama seperti note tree yang sudah saya jelaskan diartikel sebelumnya.


Pohon Diam (pembagian nilai tanda diam)



Nama Dan Nilai Pada Tanda Diam

Setelah anda memperhatikan pohon diam, anda perhatikan uraian dibawah ini agar lebih mudah dalam mengerti tentang tanda diam.

  • Tanda Diam Penuh atau Whole Rest. Mempunyai bentuk kotak penuh dan menggantung pada garis para nada, nilai tanda diam penuh adalah 4 ketukan. Agar lebih jelas, perhatikan gambar dibwah ini.
    Contoh penulisan tanda diam penuh

  • Tanda Diam Setengah atau Half Rest. Mempunyai bentuk kotak penuh dan menumpang diatas garis para nada, nilai Half Rest adalah 2 ketukan.
    Contoh penulisan tanda diam setengah

  • Tanda Diam Seperrempat atau Quarter Rest. Berbentuk seperti cacing yang berkelok-kelok, nilai tanda diam ini adalah 1 ketukan.
    Contoh penulisan tanda diam seperempat

  • Tanda Diam Seperdelapan atau Eight Rest. Mempunyai bentuk cacing lurus dan mempunyai  satu kepala, nilai tanda diam ini adalah ½ ketukan dari dua not.
    Contoh penulisan tanda diam seperdelapan

  • Tanda Diam Seperenambelas atau Sixteenth rest. Mempunyai bentuk seperti cacing lurus dan mempunyai dua kepala, nilai tanda ini mempunyai nilan ¼ ketukan dari empat not.
    Contoh penulisan tanda diam seperenambelas
Lamanya waktu diam atau rest hampir sama dengan aturan pada not bunyi. Tidaklah terbatas pada yang saya sebutkan diatas saja, namun masih ada banyak lagi. Semakin banyak jumlah kepala pada garis, maka tanda diam tersebut semakin pendek.


Tanda Titik Pada Tanda Diam

Tidak hanya pada not bunyi saja, pada tanda diam pun juga mempunyai tanda titik yang sering dipakai. Coba perhatikan gambar dibawah ini.
atau

Fungsi titik pada gambar diatas ialah untuk menambahkan nilai pada tanda diam, nilai yang di ikuti titik ialah ½ dari nilai semula. Tanda diam diatas mempunyai nilai setengah atau 1/2. Jika diberi titik maka nilai tanda diam tersebut ialah 3 ketukan.

Untuk tips yang bisa anda gunakan adalah baca terlebih dahulu tanda diam lalu dibagi menjadi dua. Supaya lebih gampang anda perhatikan ulasan dibawah ini.


Tanda Diam Semula
Dengan Tambahan Tanda Titik

Perhitungan Nilai
Nila Akhir Tanda Diam




4 ketukan + 2 ketukan

6 Ketukan





2 ketukan + 1 ketukan

3 ketukan






1 ketukan + ½ ketukan


1 ½ ketukan





½ ketukan + ¼ ketukan

¾ Ketukan






¼ ketukan + 1/8 ketukan


3/8 Ketukan
birama adalah birama 4/4 birama lagu syukur birama lagu indonesia raya birama lagu maju tak gentar birama lagu tik tik bunyi hujan birama lagu

Belum ada Komentar untuk "Nama Dan Nilai-Nilai Pada Tanda Diam Not Balok Lengkap "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel