Iklan di header

Jenis-Jenis Ukulele Senar 4 Yang Paling Popular


Alat musik ukulele merupakan salah satu alat musik yang banyak sekali dimainkan di Indonesia. Alat musik yang mempunyai 4 senar ini menghasilkan suara yang sangat khas, walaupun dari segi bentuk sangat mirip dengan gitar yang umumnya berukuran lebih besar. Berbeda dengan gitar alat musik ukulele mempunyai tunning yang berbeda, jadi anda harus mengetahui tuning masing-masing senar pada ukulele.

Dari segi bentuk memang ukulele mempunyai ukuran yang lebih mini, atau lebih kecil dari alat musik gitar seperti  gitar akustik maupun gitar elektrik. Nah ukuran ukulele yang kecil tesebut mempunyai keunggulan tersendiri yaitu ukulele sangat mudah dibawa kemana mana deibandingkan gitar akustik yang harus dimasukkan kedalam tas.

Jika anda berminat untuk membeli ukulele, anda harus tau dan pandai-pandai memilih bukan hanya dilihat dari harganya saja. Memang kualitas menentukan harga, tetapi ada hal lain yang perlu anda perhatikan dan ketahui bahwa ukulele mempunya jenis-jenis sendiri. Sebelum anda bingung dan sakit kepala, alangkah baiknya anda baca terus artikel ini yang membahas jenis-jenis ukulele yang ada dipasaran.

Berdasarkan dari ukurannya alat musik ukulele dapat dibedakan menjadi 4 jenis yaitu: Sopranoo, Concert, Tenor, Baritone, & Bass. Selain dari jenis yang saya sebutkan tadi, perbedaan lainnya yaitu pada ukulele baritone dan bass yang mempunyai tuning berbeda. Hal yang ingin saya tekankan yaitu agar anda membeli ukulele yang sesuai kebutuhan dan budget, sehingga anda tidak menyesal kalau ternyata ukulele yang anda beli tidak seperti yang anda harapkan.


Ukulele Soprano


Sumber : Ukulele world


Ukulele jenis soprano merupakan yang terkecil dari ukulele jenis lainnya, yaitu dengan ukuran fingerboard 33 cm. kelebihan ukulele jenis ini yaitu sangat mudah dibawa kemana-mana, jika and amempunyai jemari dan tangan yang kecil saya sarankan anda membeli ukulele jenis soprano. Untuk suara yang dihasilkan, ukulele soprano menghasilka suara yang sangat khas. Karena bentuk yang kecil akan sangat tidak cocok bagi anda yang bertangan besar karena akan mempersulit keleluasaan saat bermain.


Ukulele Concert

Sumber : Ukulele World

Jenis ukulele concert memiliki ukuran neck atau fingerboard yang sedikit lebih besar di banding ukulele soprano. Perbedaan dengan ukulele sopran memang tidak terlalu banyak, ukulele concert hanya mempunyai 3 cm lebih panjang dari ukulele soprano. Dengan perbedaan yang tidak terlalu jauh, maka suara yang dihasilkan ukulelepu tidak jauh berbeda. 

Nah bagi anda yang mempunyai tangan dan jemari yang kecil-sedang saya merekomendasikan ukulele jenis ini. Dengan fingerboard yang lebih besar dan bentuk ukulele yang mudah dibawa kemana-mana ukulele jenis concert sangat banyak peminatnya, bahkan ukulele ini merupakan tipe yang paling banyak di gunakan.


Ukulele Tenor

Sumber : Ukulele World

Jika anda sudah mencoba ukulele soprano dan concert namun masih kesulitan saat memainkannya, saya sarankan anda untuk mencoba jens ukulele tenor, yang mempunyai ukuran finger board 43. Dengan bentuk yang agak besar suara yang dihasilkan akan lebih jelas dan stabil, ukulele ini sangat cocok bagi anda yang suka memainkan  melodi.
Jika diperhatikan dengan teliti, suara yang dihasilkan oleh ukulele tenor hampir mirip seperti gitar, mungkin karena mempunyai dimensi yang lebih besar dai ukuele lainnya.


Ukulele Baritone

Sumber : Ukulele World

Jika anda  bisa memainkan alat musik gitar, saya jamin anda tidak akan asing dengan ukulele baritone. Ukulele ini mempunyai senar dengan tuning yang sama dengan gitar yaitu D-G-B-E, namun ukuran fingerboardnya lebih kecil sekitar 50 cm.

Perlu anda ketahui ukulele jenis ini merupakan ukulele yang paling sedikit peminatnya, dibandingkan dengan ukulele yang sudah saya jelaskan diatas. Pada awalnya ukulele jenis baritone berfungsi sebagai bass dalam permainan ukulele, namun karena kehadiran ukulele bass, ukulele baritone mulai hilang peminatnya.

Jika diamainkan bersama ukulele lain, ukulele baritone akan menjad pengah dari ukulele bass dan tenor. Namun jika anda ingin tetap menggunakan ukulele baritone hal itu tidak masalah, karena suara yang dihasilkan mempunyai suara yang jelas dan berat.


Ukulele Bass

Sumber: Ukulele World

Ukulele bass adalah sebuah inovasi dari keluarga ukulele yang dikeluarkan oleh perusaan Road Toad pada tahun 2007. Saat itu perusahaan Road Toad bekerja sama dengan Kala yang merupakan Pembuat Ukulele terkenal.

Hingga saat ini ukuran ukulele bass mempunyai bentuk dan ukuran baritone namun suara yang lebih rendah. Tuning ukulele ini yaitu sama dengan gitar bass yang umum digunakan, yaitu E-A-D-G. Bagi anda yang ingin memainkan ukulele dengan kesan yang berbeda saya sarankan untuk mencoba jenis ukulele bass.
jenis jenis ukulele senar 3 jenis jenis senar ukulele jenis-jenis gitar ukulele jenis jenis kunci ukulele jenis jenis ukulele dan harganya macam macam chord ukulele macam macam chord ukulele senar 3 macam macam genjrengan ukulele macam macam merk ukulele

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Ukulele Senar 4 Yang Paling Popular"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel