Iklan di header

Dasar-Dasar Teknik Picking Pada Gitar Lead

Halo sobat musik, pada artikel ini saya ingin melanjutkan pembahasan mengenai cara bermain lead yang baik dan benar. Pada artikel kedua ini saya akan membahas dasar-dasar teknik picking yang bisa anda pelajari dalam belajar lead gitar.

Untuk itu saya ingin membahas mengenai downstroke dan upstroke, lalu kita juga akan mencoba untuk menggabungkan keduanya yang biasa disebut alternatife picking. Semua yang saya bagikan ini akan menjadi modal terbaik bagi kalian yang belajar musik, dan menghindari kebiasaan buruk atau tata cara yang kurang tepat dan bisa menghambat perkembangan permainan gitar anda.

Pertama-tama mari kita pilih pick gitar yang akan anda gunakan. Saya sarankan untuk menggunakan pick medium bagi anda yang baru atau sedang belajar lead gitar. Cobalah pergi ke toko musik dan pegang satu persatu jenis-jenis pick berdasarkan ketebalannya. Pilihlah yang menurut anda paling nyaman saat di pegang, ini sangat penting karena pick tersebutlah yang akan anda pakai dalam latihan setiap hari. Namun jika anda bingung dan tidak tahu, pilih lah pick medium, yang tidak terlalu tipis, dan tidak terlalu tebal.

Setelah anda memilih pick yang paling nyaman kini waktunya praktek. Cobalah untuk relax dan tidak tegang selama berlatih. Jika anda tegang maka permainan anda tidak akan maksimal, tidak efisien dan bisa mencederai otot tangan anda. Jika anda merasa tegang, berhentilah bermain dan lemaskan seluruh tangan anda, jika sudah merasa baikan kembalilah berlatih.

Sebelum kita masuk dalah pembahasan saya ingin memberi tips bagi anda, ketika anda memetik gitar dengan pick usahan gunakanlah pergelangan anda untuk bergerak, jangan menggerakkan siku anda karena tidak efisien dan menyebabkan tangan anda cepat letih dan sakit.


Pada video diatas merupakan teknik yang kurang tepat karena menggunakan siku untuk menggerakkan tangan, jadi alih-alih memakai siku cobalah untuk menggerakkan pergelangan anda dengan petikan yang kecil. Karena pergerakan yang minimal bisa menghasilkan kecepatan dan akurasi yang lebih baik dari pada menggerakkan siku, Perhatikan video di bawah ini.


Jika anda memetik gitar seperti pada video pertama, maka permainan anda tidak akan efisien. Dan ketika anda mencoba memainkan skala nada yang cepat maka anda akan kesulitan mengimbanginya karena pergerakan anda terganggu. Oleh karena itu saya mewajibkan anda untuk menggunakan pergelangan tangan anda den petiklah senar dengan minim gerakan, karena ketika anda memetik senar maka secara otomati pergerakan anda akan cepat untuk memetiknya kembali, perhatikan sekali lagi video dibawah ini.


Untuk tips selanjutnya adalah posisi jari memegang pick, pada pembahasan ini akan sedikit supjektif, karena lain orang maka akan lain pendapat dan posisinya. Namun kembali lagi saya katakan carilah posisi ternyaman untuk memegang pick, dan cobalah beberapa posisi sampai anda menemukan posisi ternyaman. Sebagai contoh, perhatikan gambar dibawah posisi memegang pck gitar.


Dan tips terakhir adalah sudut untuk memetik gitar. Usahakan anda memetik gitar dengan sudut yang tepat, agar saat memainkan melody anda tidak memerlukan banyak tenaga. Karena anda belajar lead gitar, maka kecepatan dan akurasi lah yang perlu anda pelajari. Perhatikan sudut video memetik gitar yang benar dibawah ini.


Sekarang mari menuju ke pembahasan. Untuk melakukan downstroke (memetik kebawah), pertama-tama pegang pick anda dengan nyaman, pilihlah sudut untuk memetik gitar seperti yang saya contohkan lalu petiklah senar nomor 1 (E) dengan lembut dan perlahan seperti video dibawah.


Lakukanlah latihan setiap hari minimal 30 menit, lalu ketika anda sudah mulai terbiasa lakukan variasi pada permainan downstroke anda. Caranya petiklah senar gitar yang lain, ini membantu anda untuk membiasakan diri memetik dan memindahkan sudut untuk melakukan downstroke, karena setiap senar mempunyai posisi dan ukuran yang berbeda-beda. Perhatikan video yang saya contohkan dibawah.


Sekarang kita bahas upstroke (memetik keatas). Upstroke adalah kebalikan dari downstroke yaitu anda memetik senar dengan gerakan keatas, upstroke ini juga sangat penting karena nantinya akan menjadi bekal anda dalam memankan lead gitar. Perhatikan video dibawah ini.


Setelah anda mulai terbiasa, sama seperti yang saya jelaskan pada downstroke cobalah memetik senar lain dengan metode upstroke, mulai dari senar E, B, G, A, dan senar E rendah. Pada sebagian orang upstroke terasa lebih susah dibandingkan downstroke, dan kurang nyaman saat mempraktekkannya. Ini karena mereka terkadang mulai belajar gitar dengan melakukan downstroke terlebih dahulu, dan mulai nyaman menggunakan downstroke dibanding upstroke.

Kini kita sampai pada teknik picking yang terakhir yaitu alternatif picking. Alternatif picking adalah anda memetik gitar dengan downstroke dan upstroke dengan bergantian, dengan kata lain anda memetik gitar dengan cara turun, naik, turun, naik dan seterusnya. Pada alternatif picking ini hanya berlaku bergantian yaitu turun, naik, turun, naik, turun, naik, bukan turun, turun, naik, naik. Sebagai contoh kita lakukan alternatif picking pada senar E seperti video dibawah ini:


Lakukan juga alternatif picking ini pada senar lainnya agar anda terbiasa melakukan gerakan pada semua senar gitar lead anda. Gunakan metronome dengan tempo yang lambat lalu lambat laun naikkan sedikit demi sedikit.

Berfokuslah untuk melakukan teknik picking yang bersih dan merdu, jangan tergesa-gesa untuk menaikkan tempo. Berlatihlah setiap hari minimal 30 menit, dan hindari berlatih terlalu lama karena anda butuh istirahat, dan untuk menghindari rasa bosa.

Saya rasa artikel ke dua ini sudah selesai, nanti akan saya buatkan artikel lanjutan tentang teknik picking dalam bermain lead gitar. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam belajar musik ya.

                         <-----------Baca artikel sebelumnya  Baca artikel selanjutnya--->

Belum ada Komentar untuk "Dasar-Dasar Teknik Picking Pada Gitar Lead"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel