Iklan di header

Belajar Tangga Nada Mayor Atau Scale Major Pada Gitar

Halo sobat musik hari ini saya akan membahas scale major atau tangga nada mayor pada gitar, yang merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya mengenai gitar lead. Bagi kalian yang baru pertama belajar musik, major scale sangat penting, karena major scale atau tangga nada mayor, merupakan pondasi dari semua tangga nada dan ada sangkut pautnya dengan diagram chord gitar.

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menghafal diagram tangga nada. Namun sebelum kita terjun kepembahasan saya ingin anda untuk belajar cara membaca diagram skala atau tangga nada. Jika anda pernah belajar membaca diagram chord, maka untuk diagram skala akan sangat berbeda.

Pada diagram skala anda akan melihat enam garis vertikal yang mewakili senar gitar, yaitu senar E rendah pada garis paling kiri, dan senar E tinggi pada garis paling kanan, sedangkan garis-garis horizontal pada gambar tersebut akan mewakili fret pada gitar. Perhatikan gambar dibawah ini:

Skala pada G Mayor
Pada gambar diatas terlihat banyak lingkaran-lingkaran, dan sangat banyak sekali, dan lingkaran-lingkaran tersebut hanya di isi pada fret-fret tertentu. Fret yang terdapat lingkaran dapat diartikan merupakan skala pada G Mayor, dan fret yang tidak terdapat lingkaran bukan skala G Mayor.

Pada gambar yang saya contohkan skala yang dibahas adalah G mayor, jadi semua lingkaran tersebut adalah nada pada G Mayor. Terdapat pula lingkaran yang berwarna hitam dan ada pula yang berwarna putih. Lingkaran yang berwarna hitam merupakan chord atau kunci G Mayor jika anda mainkan, sedangkan yang berwarna putih seperti yang saya jelaskan tadi merupakan nada-nada pada G Mayor.

Anda juga melihat pada lingkaran-lingkaran tersebut di bubuhkan angka-angka yaitu, 1, 2, 3, dan 4. Angka-angka tersebut merupakan petunjuk atau panduan jari mana yang anda pakai untuk menekan senar pada fret tersebut.

Pada skala mayor terdapat 7 not yang digunakan, ingat ya ada 7 not. Anda pasti bingung, pada gambar yang saya contohkan nadanya lebih dari 7, kok bisa? Alasannya adalah setelah anda memainkan 7 not, maka not selanjutnya adalah not yang mempunyai nilai lebih tinggi dari not yang pertama, pada musik hal tersebut dinamakan oktav.

Sekarang mari kita coba untuk mempraktekkan pada gitar. Perhatikan sekali lagi gambar diatas, pada fret nomor 2, jari yang dipakai untuk menekan senar-senar pada fret tersebut hanya jari telunjuk, pada fret no 3 jari yang dipakai untuk menekan senar-senar pada fret tersebut adalah jari tengah, jari yang dipakai untuk menekan senar-senar pada fret nomor 4 adalah jari manis, dan jari yang dipakai untuk menekan senar-senar pada fret nomor 4 adalah jari kelingking. Perhatikan video dibawah ini:


Petiklah senar secara perlahan, dan berfokuslah pada akurasi dan suara yang bagus dibandingkan kecepatan jari. Gunakan downstroke katika anda memetik gitar, untuk penjelasan apa itu downstroke lihat diartikel sebelumnya.

Teruslah menghafal skala nada Mayor tersebut sampai anda benar-benar hafal. Petiklah bergantian naik turun untuk menambah skill jari anda. Gunakan metronome untuk menjaga agar tempo anda tidak terganggu, jika anda tidak mempunyai metronome cobalah untuk mendownloadnya di internet, karena banyak sekali yang menyediakan metronome gratis untuk android dan laptop anda.

Setelah anda berhasil menambah kecepatan cobalah anda berimprovisa menggunakan skala G Mayor tersebut, menggunakan track atau lagu cinpataan anda sendiri atau menggunakan lagu orang lain. Sebagai contoh dan bonus, tonton dan ikutilah video dibawah ini, agar anda mudah dan lebih cepat menghafal skala G Mayor dan dapat langsung mempraktekkannya pada gitar anda.


                         <-----------Baca artikel sebelumnya  Baca artikel selanjutnya--->
belajar gitar belajar kecepatan jari pada gitar listrik tata cara menambah kecepatan jari dalam bermain gitar cara cepat belajar gitar cara memegang pick gitar cara memainkan melodi gitar listrik 

Referensi;

Wikipedia
pixabay
guitar lesson
youtube

Belum ada Komentar untuk "Belajar Tangga Nada Mayor Atau Scale Major Pada Gitar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel