Iklan di header

Cara Bermain Lead Gitar Yang Baik Dan Benar

Halo sobat musik, kali ini saya ingin membahas bagaimana cara bermain gitar lead yang baik dan benar. Artikel akan sedikit sederhana, dan sangat bermanfaat bagi dua jenis gitaris. Yang pertama untuk anda yang ingin menjadi gitar utama di band anda, namun belum mengerti sekaligus masih dalam taham pembelajaran. Yang kedua bagi anda yang sudah menjadi gitar utama, namun tidak kunjung juga berhasil, baik memainkan melodi atau menemui titik buntu saat memainkan melodi pada lagu anda.

Pada dasarnya menjadi lead gitar saat konser atau manggung, akan mempunyai ketakutan dan terkadang sampai merasa frustasi karena takut melakukan kesalahan. Untuk itulah saya membuat artikel ini, yang akan membantu anda untuk dari mana belajar dan apa saja yang harus dipelajari. Artikel ini akan saya buat lanjutannya jadi, pastikan anda terus membaca dan menyelasaikan artikel sampai habis.

Saya akan membahas beberapa teknik dasar, baik teknik tangan kanan dan teknik-teknik yang harus dilakukan pada tangan kiri. Nantinya saya akan berikan juga beberapa teknik skala yang membantu anda untuk bermain solo dan menjadi gitar utama.

Selain yang saya sebutkan diatas, pada artikel selanjutnya akan saya terangkan juga beberapa teknik yang perlu anda ketahui untuk menjadi gitar lead seperti, teknik legato, hammer on, pull off, band, dan vibrato.

Sebelum saya memulai pembahasan pertama, saya ingin menekankan anda untuk melakukan pemanasan. Gerakkanlah jari anda, tangan, leher dan bagian tubuh lainnya agar tidak tegang. Hal yang terpenting saat anda bermain gitar adalah anda merasa relax, jadi saat anda merasa frustasi, tenangkan pikiran anda, dan barulah untuk mulai melanjutkan latihan anda.

Pertama-tama mari kita bahas bagaimana posisi terbaik untuk tangan kiri. Taruhlah jempol tangan kiri anda dibelakang neck, ingat ya di belakang jangan terlalu keatas. Ini supaya anda bisa dengan leluasa menggerakkan dan memindahkan posisi saat memainkan melodi. Perhatikan gambar dibawah ini;


Setelah anda menempelkan jempol pada neck gitar, anda tinggal menekan senar dengan sedikit tenaga. perhatikan gambar dibawah;


Posisi yang saya sebutkan diatas seiring waktu akan berubah, karena setiap gitaris pasti mempunyai posisi dan gaya yang berbeda-beda, namun untuk pemula saya sarankan menggunakan posisi yang saya sebutkan tadi.

Posisi jempol kiri dan jari
saat menekan senar gitar
Saran terakhir saya pada artikel lead gitar pertama ini adalah, potonglah kuku anda, dan usahakan jangan sampai panjang. Perawatan kuku ini sangat penting, karena anda adalah lead gitar yang biasanya memainkan nada dengan cepat, jika kuku anda panjang maka akan sangat susah untuk menekan gitar dan menghasilkan suara yang bagus.

Saya ingin mengatakan, anda tidak akan langsung lihai seperti Stevie Ray Vaugan atau  joe Satriani, namun yang terpenting adalah anda harus (wajib) menerapkan dan mempraktekkan dengan konsisten setiap hari dengan berlatih dan terus berlatih.

 Baca artikel selanjutnya--->
Belajar lead gitar belajar gitar dengan cepat dan lengkap belajar crt belajar melodi belajar melody gitar mempercepat jari melodi gitar

Belum ada Komentar untuk "Cara Bermain Lead Gitar Yang Baik Dan Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel