Iklan di header

Skala Pentatonik Mayor Pada Gitar

Halo sobat musik pada artikel ini saya akan melanjutkan pembahasan pada lead gitar, dan pada artikel ini saya memfokuskan pada skala pentatonik mayor yang terdapat pada gitar. Pada tahap ini anda sudah berkembang dan dapat menyerap ilmu lebih gampang lagi. Pada artikel sebelumnya (baca disini), saya sudah memberikan contoh video untuk belatih skala pada permainan gitar lead anda, nah untuk memberi warna dalam permainan anda, anda perlu belajar dan memahami salah satu pondasi penting dalam dunia musik yaitu skala pentatonik Mayor.

Skala pentatonik mayor ini sangat penting untuk dipelajari, karena sangat fleksibel dan anda bisa menggunakannya dalam berbagai jenis musik. Pada artikel sebelumnya sudah saya terangkan bahwa skala Mayor mempunyai 7 not, dan 7 not tersebut terus berlaku pada setiap oktaf, perhatikan gambar dibawah ini.


Nah apa perbedaan antara skala Mayor dengan Skala pentatonik Mayor? Yaitu skala Mayor mempunyai 7 not dalam setiap oktav, sedangkan skala pentatonik mayor mempunyai 5 not setiap oktav. Dalam hal ini bisa kita lihat skala pentatonik Mayor mempunyai lebih sedikit not.

Lalu not apakah yang dihilangkan, yaitu not nomor 4 (Fa) dan not nomor 7 (Si), jika ditulis akan jadi seperti ini. 1, 2, 3, 5, 6. Perhatikan gambar skala pentatonik Mayor dibawah ini:


Hal yang keren dari skala pentatonik Mayor adalah skala ini hanya mempunyai 2 not pada setiap senar, hal inilah yang bisa membuat anda dengan mudah menghafal dan memberi warna musik yang berbeda dalam permainan gitar anda.


Bagi anda yang tidak tahu bagai mana cara membaca diagram skala seperti diatas, pastikan anda membaca terlebih dahulu, agar tidak bingung dan dapat dengan mudah mengerti materi yang saya jelaskan, baca disini

Sebenarnya cara untuk memainkannya sama saja dengan skala Mayor, anda hanya perlu membuang 2 not sisanya. Jika diperhatikan pada diagaram skala diatas, terdapat banyak sekali senar yang harus dimainkan dengan jari kelingking. Untuk kalian yang baru saja belajar mungkin akan kesusahan karena jari kelingking bukan jari yang kuat, namun jika anda terus berlatih maka hal itu bukan menjadi masalah.

Hal lain yang perlu anda perhatikan saat memankan skala pentatonik Mayor, anda perlu berhati-hati karena jika tidak jeli maka akan menghasilkan suara yang bising dari senar lainnya, pada video dibawah akan saya contohkan suara bising yang terdengar jika anda tidak jeli saat memainkan skala pentatonik Mayor.


Ada dua cara agar tidak menghasilkan suara bising seperti diatas. Yang pertama gunakan bagian tangan kanan anda untuk meredam, dan yang kedua gunakan jari kiri untuk meredam saat memainkan skala pentatonik Mayor.

Kebanyakan kasus, suara bising tersebut terjadi saat anda memainkan not yang sama dengan not open string. Sebagai contoh anda memainkan not G dengan jari telunjuk, maka jika tidak di redam, not G pada senar nomor 3 (open string) akan ikut berbunyi, hal ini juga berlaku pada semua not-not yang sama dengan not open string pada gitar anda.

Setelah anda belajar bagaimana cara memainkan skala pentatonik mayor dan beberapa tipsnya, kini anda perlu mempraktekkannya pada gitar sungguhan. Untuk itu akan saya berikan sedikit video yang memankan dasar-dasar not pada pentatonik mayor, lihat video dibawah ini:



                          <-----------Baca artikel sebelumnya  Baca artikel selanjutnya--->

Referensi;

Wikipedia
pixabay
guitar lesson
youtube
belajar gitar belajar kecepatan jari pada gitar listrik tata cara menambah kecepatan jari dalam bermain gitar cara cepat belajar gitar cara memegang pick gitar cara memainkan melodi gitar listrik 

Belum ada Komentar untuk "Skala Pentatonik Mayor Pada Gitar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel