Iklan di header

Cara Bend Pada Gitar Listrik Yang Baik Dan Benar

Halo sobat musik kali ini saya akan membahas bagaimana cara bend pada gitar listrik yang baik dan benar. Ada 2 dua macam jenis bend yang ingin saya bahas, yang pertama adalah bend setengah keatas.

Pertama-tama saya ingin mengingatkan kepada anda bahwa ketika anda melakuka teknik bend ini, jari-jari anda akan terasa sakit, hal ini normal karena jemari anda tidak terbiasa, namun dengan seiring waktu anda berlatih hal itu tak akan terjadi.

Sekedar mengingatkan pula, ketika anda berlatih beberapa minggu ujung jari anda akan mulai mengeras, hal tersebut tidak perlu di kawatirkan karena memang setiap gitaris akan mengalami hal tersebut.

Mengerasnya ujung jari anda juga memberikan kelebihan, dimana anda tidak akan terasa sakit lagi dan bagian yang mengeras tersebut akan melindungi bagian jari untuk tidak mudah terluka karena terlalu keras atau terlalu kuat menekan senar.

Mari kita mulai dengan bend setengah keatas atau dalam bahasa inggris half step bend. Tekanlah senar pada fret nomor 5 dari senar G menggunakan jari manis, petik lalu geser keatas. Gunakan jari tengah dan jari telunjuk untuk membantu menggeser keatas. Mainkanlah sesuai tablature dibawah:

Jika anda bingung cobalah untuk menonton video dibawah ini:


Intinya pada hafl step bend, anda membunyikan not lebih tinggi dari not sebelumnya namun pada fret yang sama. Gunakan downstroke dan petiklah dengan tempo yang lambat. Jika jari anda merasa sakit, berhentilah berlatih lemaskan otot-otot anda, dan ketika mulai membaik lanjutkan kembali.

Pada half step bend sebenarnya anda bisa menggeser jari keatas ataupun kebawah, namun pada pembahasan kali ini saya mencontohkan bend keatas. Teknik bend ini sangat penting bagi anda yang belajar lead gitar, karena banyak musisi menggunakan teknik bend pada melody lagu mereka khususnya musik rock.

Pada video diatas anda dapat menyaksikan setelah membending senar keatas dan menghasilkan not yang lebih tinggi, dia mengembalikan pada not semula, pada teknik tersebut biasa dinamakan penetralan atau dalam bahasa inggris pre bending atau release bending.

Untuk bend kedua adalah full bend, pada teknik ini kita membending senar pada batas tertingginya. Kita langsung praktek. Tekanlan senar pada fret ke 6 dengan jari kelingking, lalu gunakan jari manis, jari tengah, dan jari telunjuk untuk membantu jarikelingking menahan senar. Setelah itu lakukan bend keatas dengan sekuat tenaga, lalu realease kembali. Mainkan sesuat tablature dibawah:

Jika anda bingung, coba tontonlah videonya dibawah:


Sebenarnya itu saja yang bisa saya bahas untuk kali ini, sisanya anda bisa melatih skill bend anda setiap hari. Saya ingin memberikan sedikit tips bagi anda untuk melakukan bend pada ke-6 senar pad gitar lead yang anda miliki.

Lakukanlah bend ketas saat anda ingin membanding senar nomor 1, 2, 3, dan sebaliknya lakukanlah bend kebawah saat anda ingin menggunakan teknik bending pada senar nomor 4, 5, dan senar nomor 6. Dibawah ini adalah video yang mempraktekkan teknik bend pada permainan gitar lead.


Sebenarnya teknik bend ini mirip dengan teknik slide yang biasa dilakukan pada gitar bedanya, slide menaikkan atau menurukan nada dengan cara memindahkan jari ke fret yang berbeda, dengan kata lain pada teknik slide anda akan berganti fret.

Sedangkan pada teknik bend anda tidak berganti fret, namun mendorong atau menarik senar keatas atau kebawah namun tetap pada fret yang sama.

Setelah saya menjelaska panjang lebar, kini waktunya anda untuk terus berlatih dan mengembangkan skill. Jangan berkecil hati jika anda tidak dapat melakukannya dalah hitungan hari, teruslah belajar dan menerapkan semua metode yang saya berikan. Jadi enjoy saja dan nikmati prosesnya sampai anda benar-benar menjadi gitaris profesional dengan permainan yang baik dan benar.

                              <-----------Baca artikel sebelumnya  Baca artikel selanjutnya--->

Referensi;

Wikipedia
pixabay
guitar lesson
youtube

Cara bending senar gitar listrik cara bending senar dengan baik belajar bending senar belajar bend gitar belajar lead guitar secara cepat belajar bend yang baik dan benar.

Belum ada Komentar untuk "Cara Bend Pada Gitar Listrik Yang Baik Dan Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel