Iklan di header

Belajar Not Balok

Pengenalan Not Balok

Belajar balok sebenarnya sangat mudah kalau kita mengerti tentang apa yang diajarkan dan dimaksudkan. Nah untuk itu anda perlu banyak membaca apa itu not balok? Bagaimana cara membacanya? Dan lain lan. Nah jika anda ingin cepat mengerti cara membaca not balok, anda bisa baca baik-baik artikel yang saya buat ini.

Untuk pengenalan not balok saya bedakan menjadi 2 hal yaitu: Bentuk Not Balok dan Media Menulis Not Balok. Saya yakin anda pernah melihat sebuah not balok, entah di televise atau di sekolah. Nah dari not balok yang anda lihat tadi terdiri dari banyak bagian, entah dari not balok itu sendiri ataupun media penulisannya.


Bentuk Not Balok

Not balok digunakan untuk keperluan bermusik. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin atau sedang belajar music sangat wajib untuk mengerti cara membaca not balok. Bentuk not balok menyerupai kecambah dan untuk orang awam saya yakin mereka akan langsung pusing saat disuruh mengartikannya.

Secara umum, betuk dari not balok sendiri terdiri dari bagian kepala yang berbentuk elips, bagian tangkai, dan bagian bendera, Coba perhatikan gambar dibawah ini.

Menurut kamus Besar Indonesia not ialah sebuah tanda nada yang tentu pada music, atau dengan kata lain sifatnya tidak berubah-berubah. Pada notasi  not balok, nada dituliskan pada sebuah kertas yang terdapat 5 garis datar yang menunjukkan tinggi rendahnya sebuah nada.

Hal tersebutlah yang biasanya membuat orang enggan belajar not balok, padahal sangat penting bagi seorang pemusik untuk membaca not balok.


Bentuk umum not balok
Secara umum bentuk not balok ditulis dengan bulatan yang berbentuk elips. Jika bulatan elip stersebut berongga, artinya not balok tersebut mempunyai nilai panjang dan pendek yang berbeda.


Media Penulisan Not Balok


1. Garis Paranada

Agar mempunyai nilai bunyi nada yang tetap, not balok membutuhkan media untuk menuliskan simbol. Pada not balok nada-nada akan ditulis pada kertas yang terdapat 5 gari yang disebut para nada. Para nada merupakan media untuk menuliskan notasi nada yang terdiri dari 5 garis dan diantara 5 garis tersebut terdapat 4 spasi. Perhatikan gambar dibawah ini.
2. Nada Not Balok

Jika para nada sudah dituliskan not balok, not tersebut sudah bisa diketahui nadanya. Untuk membaca not-not tersebut harus ada kunci nadanya. Ada banyak kunci yang ada dalam not balok, namun yang umum digunakan hanya dua macam, yaitu kunci G untuk nada treble dan F untuk bass.


Nah sekarang kita mulai belajar mengetahui not yang ada pada para nada. Agar anda gampang untuk menghafalkan nada pada kunci G, anda bisa memakai kaliman ini : nada pada spasi kunci G adalah FACE(wajah).

Atau jika anda ingin mengingatnya dengan cara lain anda bisa mengingat posisi not paling atas dan not paling bawah.

Untuk not-not pada garis para nada dengan kunci F adalah sebagai berikut ini:



Sebenarnya jika anda perhatikan baik-baik antara para nada pada kunci G dan kunci F urutannya sama, namun pada kunci F semua nada-nadanya turun 1 tingkat.  Cara lain jika anda ingin mudah mengingat posisi nada pada kunci F yaitu menggunakan F-G-A, artinya pada kunci F garis yang paling bawah ialah G dan garis yang paling atas adalah A.

Nah untuk nada-nada yang standar akan ditulis dengan : C, D, E, F, G, A, B, C’. Untuk menaikkan nada setengah dipakaikan tanda kress (#), sedangkan untuk menurunkan nada setengah anda dapat menggunakan simbl mol  (b).

Nah sekarang anda sudah mengetahui  pengenalan umum tentang bentuk-bentuk not balok beserta media penulisannya, sangat mudah bukan. Hal-hal yang saya terangkan diatas merupakan dasar-dasar belajar not balok. Masih banyak materi yang harus anda ketahui. Pelan-pelan saja agar anda tidak cepat bosan dan putus asa.


Nama Dan Nilai-nilai Not Balok 

1. Pohon Not

Agar anda lebih mudah mengerti dan paham nilai-nilai yang terdapat pada not balok, anda bisa menggunakan panduan sederhana dibawah ini yaitu Pohon Not. Kenapa diberi nama Pohon? Karena bentuknya sama dengan bentuk sebuah pohon, perhatikan dibawah ini.
Pohono nada / Note Tree
Pada gambar diatas jika diperhatikan tidak semua not memiliki bentuk kecambah seperti yang saya terangkan diatas. Terdapat not yang berbentuk elips berongga, ada pula not yang berbentuk elips berongga namun memiliki tangkai, dan ada pula yang memiliki lebih dari satu bendera.


Quote; Khusus untuk not dengan kepala berongga yang memiliki tangkai seperti dibawah ini, terdapat aturan bahwa tidak boleh memiliki bendera.

2. Nama Nama Dan Nilai Not Balok
  1. Not penuh atau dalam bahasa inggris disebut whole note, cirri-ciri not penuh ialah berupa bulatan elips dan berongga namun tidak mempunyai tangkai atau bendera. Nilai dari not penuh ialah 4 ketukan.
  1. Not setengah (1/2) atau dalam bahasa inggris Half Note. Half not mempunyai ciri-ciri bulatan elips berongga dan mempunyai tangkai. Nilai dari Half Note ialah 2 ketukan
  1. Note seperempat (1/4) atau dalam bahasa inggris disebut Quarter Note. Cirri-ciri dari quarter note hamper sama dengan Half Note namun bedanya Quarter Note tidak berongga. Nilai Quarter Note ialah 1 ketukan.
  1. Note Seperdelapan (1/8) dalam bahasa inggris disebut Eight Note (Quarver). Ciri-ciri not ini mempunyai bentuk bulatan penuh dengan tangkai dan terdiri dari satu bendera. Nilai ketukannya ½.
  1. Not Seperdelapanbelas (1/16) atau dalam bahasa inggris dsebut Sixteenth note (semiquaver). Cirri-ciri not ini ialah berbentuk bulat penuh dengan tangkai dan terdiri dari dua bendera. Nilai ketukannya seperempat ¼.
Tanda Tie Dan Nilai Titik

Coba anda ingat-ingat pernah tidak mengetahui atau membaca sebuah not balok seperti dibawah ini.

Pada gambar tersebut garis melengkung yang berada diatas not itulah yang disebut Tie. Fungsi Tie sendiri untuk menyambuh sebuah nada yang akan dimainkan. Jadi nada dari awalan lengkung sampai akhir lengkungan akan dimainkan menyambung dan tidak terputus suaranya.

Nilai Titik

Berikut ini saya paparkan nilai-nilai not yang diikuti titik beserta nilainya:
  • Perhitangan nilainya yaitu: 4ketuk + 2 ketuk = 6 ketukan
  • 2 ketukan+ 1 ketukan = 3 ketukan
  • 1 ketukan + ½ ketkan = 1 ½
  • ½ ketukan + ¼ ketukan = ¾ ketukan
  • ¼ ketukan = 1/8 ketukan = 3/8 ketukan

Jika anda masih bingung menggunakan pohon not anda bisa perhatikan dibawah ini yang merupakan nilai-nilai dari masing-masing not beserta namanya.

Sebenarnya masih ada lagi selain yang saya terangkan diatas namun jarang dipakai yaitu Sepertigapuluhdua (1/32) dan Seperenampuluhempat 1/64). Semua itu tergantung dari seberapa banyak bendera yang terdapat pada tangkai not. Semakin banyak benderanya makan semakin banyak jumlah not dalam satu ketukan.

Tanda Tie 

Setelah anda mengetahui tanda Tie, sekarang perhatikan contoh gambar dibawah ini:

Tanda titik yang mengikuti not adalah tanda yang berfungsi untuk menambah nilai not sebanyak setengah dari nilai not itu sendiri. Sebagai contoh jika not ¼ adalah satu ketukan, lalu ditambah titik, maka nilainya akan menjadi 1 1/2 ketukan. Titik tersebut diambil dari nilai not yang diikuti titik yatu 1.

Oke untuk pengenalan umum tentang not balok dan nilai not balok saya rasa sudah cukup, anda bisa naik ke materi berikutnya tentang "Nama dan nilai nilai pada tanda diam".
belajar not balok piano belajar not balok gitar belajar not balok drum belajar not balok drum belajar not balok pdf belajar not balok gitar klasik belajar not balok piano pemula belajar not balok piano untuk pemula belajar not balok gitar akustik belajar not balok untuk anak 

Belum ada Komentar untuk "Belajar Not Balok"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel