Iklan di header

Fakta-fakta Dan Biografi Jimi Hendrix Legenda Rock Dunia

Gambar : Jimi Hendrix 
Bagi seorang gitarist yang menyukai musik dari Amerika, tentu pasti tidak asing lagi dengan  sosok yang bernama James Marshall Hendrix atau yang biasa dikenal Jimi Hendrix. Jimi Hendrix sendiri merupakan seorang vokalis, pemain gitar, pencipta lagu, dan seorang musisi kelas atas yang sampai sekarang masih dikenal.

Jimi Hendrix lahir di Seattle, yang merupakan bagian dari wilayah Washington, di Amerika. Jimi lahir pada tanggal 27 november 1942. Ayah jimi adalah seorang keturunan Mexico-Amerika yang bernama alex Hendricks. Sedangkan ibunya adalah serang perempuan keturunan Indian Cherokee yang bernama Lucille.

Sebenarnya saat Jimi lahir ia di beri nama Johnny Allen Hendrix, nama ini dia dapat dari sang ibu yang pada saat itu Jimi baru lahir. Namun ketika Jimi berumur 4 tahun, sang ayah mengganti namanya menjadi James Marshall Hendrix karena menurutnya nama tersebut lebih cocok.

Pada saat Jimi berumur 10 tahun, ibunya meninggal dunia tepat pada tahun 1952. Jimi sangat merasa sedih dan terpukul karena orang yang paling mengerti dan paling dekat dengan Jimi kecil adalah ibunya. Namun kejadian itu membuat Jimi menjadi orang yang tabah dan mandiri.

Menurut beberapa pakar musik, hal yang menjadikan Jimi Hendrix masuk dalam jajaran musisi yang berpengaruh di dunia adalah permainan gitarnya. Kecintaannya terhadap musik dan gitar berawal ketika ayanhnya mengajak Jimi kesebuah konser di kota Seatle dan menjadi titik awal kecintaannya terhadap musik.

Konser yang ditontonnya bersama sang ayah adalah B.B. King, seorang yang begitu piawai  dalam permainan gitar. Saat pertama kali Jimi melihat penampilan gitarist tersebut, Jimi langsung terkesima dan memutuskan untuk belajar gitar dan ingin menjadi gitarist seperti king.

Setelah Jimi dan ayahnya pulang, Jimi mengutarakan kekagumannya pada permainan gitar King dan ingin belajar gitar. Ayahnya yang sangat menyayangi Jimi, lantas membelikan gitar bekas yang pada saat itu cukup murah seharga 5 dolla untuk Jimi.

Mengetahui ayahnya membelikan gitar, Jimi sangat senang dan mulai belajar gitar di hari-harinya. Jimi juga tidak pernah absen ketika dikotanya diadakan konser atau pertunjukan musik. Setiap permainan gitar yang dia perhatikan akan langsung di ingat dan dipraktekkan keesokan arinya dirumah. Hal ini yang membuat permainan Jimi kaya akan teknik teknik gitar.

Setelah Jimi belajar gitar dia kemudian  bergabung dengan sebuah group band yang bernama The Velvetone. Group band ini sebenarnya adalah band baru pada waktu tu dan tidak mempunyai banyak penggemar, namun dengan masuknya Jimi sebagai gitaris, group tersebut  mempunyai cukup banyak penggemar yang menyukai permainan Jimi,padahal saat itu jimi masih berusia 16 tahun.

Perkembangan permainan gitar Jimi semakin besar setelah di bergabung dengan Rocking King. Musik yang di dihasilkan group ini lebih bergairah dari group sebelumnya sehingga membuat lagu-lagu mereka bisa lebih dterima banyak orang. Dengan group ini Jimi banyak diundang untuk konser didepan umum, walaupun masih dalam taraf local.

Ketika Jimi mulai berkembang dan sangat menikmati kegiatannya bermusik, perjalan karirnya harus terhenti karena pada waktu itu dinergara Amerika, mewajibkan beberapa warga negaranya untuk mengikuti wajib militer. Walaupun tidak semua orang diwajibkan untuk wajib militer, Jimi masuk dalam daftar wajib militer yang dilaksanakan negaranya.

Pertama kali wajib militer, Jimi bergabung dengan divisi angkatan darat Amerika di Fort Ord, California. Setelah itu Jimi di pindahkan ke 101st Airborne Paratroopers di Fort Cambell, sebagai pasukan penerjun. Pada saat itulah da bertemu dengan Billy Cox seorang pemain bass yang berkulit hitam, yang cukup terkenal terkenal dikalangan musisi blues pada saaat itu. 

Jimi dan Billy sempat bermain bersama di dalam band angkatan darat. Kemudan setelah itu Jimi dinyatakan keluar dari angkatan karena mengalami cidera pada penerjunan yang ke 26 kalinya. Peristiwa tersebut membawa hikmah tersendiri bagi jimi, karena dia tidak perlu mengikuti wajib militer dan ikut serta dalam perang Vietnam yang terjadi beberapa tahun kemudian.

Setelah Jimi keluar dari angkatan, dia mennjalani kembali karir dan kehidupannya di dunia musik. Setelah itu Jimi menghubungi teman-temannya yang merupakan teman Jimi bermusik, lalu membentuk kelompok musik yang bernama The Barnevilles.

Bagi kebanyakan orang memang tidak mudah untuk menggapai sebuah kesuksesan, butuh perjuangan yang sangat besar dan kesabaran. Hal ini juga terjadi pada Jimi, walaupun da sangat berbakat dan mempunyai skill yang baik dalam bermain gitar, kelompuk musiknya hanya menjadi band pembuka bagi konser-konser besar lain yang diundang pada waktu itu.

Namun Jimi tidak patah semangat walaupun group nya hanya menjadi band pembuka didalam sebuah konser, dia tetap bermusik dan terus meniti karirnya. Jimi kemudian mencoba keberuntungannya di kanada. Namun, lagi-lagi ia tidak menemukan dan mendapatkan apa yang dia inginkan.

Beberapa tempat yang sempat disinggahinya sebelum akhirnya menuai kesuksesan dalam dunia musik adalah Tennessee, disana jimi sempat bertemu  dan bermain bersama Hank Ballard, Lonnie Youngblood, Elvis Presley, dan juga The Supremes. Jimi juga sempat ke new York dan bekerja sama dengan musisi musik lainnya.

Karir musik jimi mulai terlihat saat dia bertemu dengan pemain bass the Animals, Chas Chander. Chanderlah yang mengajak jimi untuk pergi ke London untuk bermusik disana dan agar supaya kemampuan berman gitar jimi menjadi lebih berkembang. Walau Jimi sempat ragu untuk pergi ke London karena disana banyak sekali pemain gitar yang andal, namun akhirnya dia berangkat ke inggris bersama Chandler.

Setelah Jimi dan Chandler berada di inggris mereka berdua membentuk sebuah group band yang bernama Jimi Hendrix Experience, group musik ini beranggotakan Jimi Hendrix (Gitar), Noel Redding (pemain bas), Mitch Michell (drummer). Sedangkan Chandler sendiri bertindak sebagai manager band. 

Bersama kelompok ini permainan gitar Jimi berkembang pesat dan lambat laun group mereka mulai terkenal dan mempunyai fans yang banyak. Bahkan tidak sedikit yang beranggapan bahwa group musik ini patut diperhitungkan oleh musisi lan, ini karena Jimi Hendrix Experience mempunyai personil dengan latent yang luar biasa.

Sedikit demi sedikit akhirnya tawaran untuk manggung pun berdatangan, baik di club-club hiburan dikota London ataupun tempat lain. Single yang pertama kali dirilis adalaah “Hey Joe”. Lagu ini mendapat respon yang bak dari masyarakat, ini dibuktikan saat lagu tersebut masuk dalam kategori lagu paling laris di inggris selama beberapa minggu saaat itu.

Setelah merilis album, Jimi dan group musiknya mengeluarkan sebuah almbum yaitu “Are You Experienced”. Album ini berisi lagu-lagu seperti “The Wind Cries Mary Purple Haze”, “Are You Experienced”, “Fire”, “Foxey Lady”, dan lain-lain. Album ini juga mendongkrak popularitas Jimi dibelantika musik dunia, dan membuktikan bahwa Jimi termasuk gitarist yang mempunyai talenta luar biasa.

Sumber : Salah satu album Jimi
Dengan album ini Jimi bersama kelmpokknya mengadakan konser keliling Eropa seperti Denmark, Jerman, Prancis, Belanda, dan Negara-negara di benua Eropa lainnya. Setelah mengeluarkan album pertama Jimi dan kelompokknya merilis album kedua yang berjudul “Axis; Bold As Love” pada tahun 1968. 

Beberapa album yang telah di dkeluarkan oleh Jimi bersama kelompoknya adalah

  • Are You Experienced (1967)
  • Axis Bold As Love (1967)
  • Electric Ladyland (1968)
  • Smash Hits (1969)
  • Band Of Gypsys (1970)
  • First Ray Of The New Rising Sun 
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lagu yang berjudul Dyland All Along The Watchower merupakan lagu yang paling menarik dari pada lagu-lagu yang lain. Jimi memainkan gitar yang sangat indah dengan nada yang sangat sempurna. Sedangkan pada lagu yang berjudul “Star Spangled Banner”, Jimi menirukan bunyi-bunyi seperti roket, tembakan, dan lain-lain menggunakan gitarnya.

Secara kesuluruhan tidak ada siapapun yang dapat menyamai popularitas Jimi sebagi seorang musisi kususnya dalam musik rock. Setiap aksinya selalu ada saja yang membuat pendengar dan penonton selalu terpukau. Hal tersebut lah tak ada yang menyamai popularitasnya sampai kini.

Dalam aksinya Jimi selalu mempertontonkan skill yang sangat brilian disertai aksi-aksi yang membuat para penontonya terpukau. Seperti memainkan giar dengan satu tangan, dengan punggung, dan memetik senar gitar menggunakan gigi. Dalam perjalan musiknya lah Jimi mula mempopularkan trik-trik feedback dan distorsi yang kemudian dipakai oleh banya gitarist sampai kini.

Aksi-aksi  spektakular permainan gitar jimi itulah yang kemudian menginspirasi gitarist generasi selanjutnya seperti, Brian May, Yngwie Malsteen, Ritchie Blackmore, Steve Lukather, Eric Clapton, Slash, Joe Satriani, Paul gilbert, dan Steve vai.

Jimi akirnya meninggal dunia pada tanggal 18 September 1970. Untuk sebab kematiannya sampai sekarang masih kontroversional, banyak yang mengatakan bahwa Jimi meninggal dunia akibat over dosis obat penenang setelah melakukan konser, ada juga yang berpendapat bahwa Jimi kelelahan karena terlalu banyak menghabiskan energinya untuk perkembangan permainnan gitarnya.

Jimi Hendrx meninggal dunia pada usia yang masih relative muda yaitu 28 tahun. Banyak yang tidak percaya dan tidak menduga bahwa bintang sekaligus gitaris yang mempunyai pengaruh besar di bidang gitar ini akan meninggal dunia secepat itu. 
Sumber Flickr : Salah satu monuman jimi Hendrix
Sampai sekarang Jimi merupakan pelopor sekaligus sosok inspirasi dalam musik rock. Karya-karyanya banyak digunakan untuk referensi untuk pemula ataupun pemain gitar yang sudah mahir untuk mengembangkan permainan gitar mereka.
jimi hendrix guitar jimi hendrix little wing jimi hendrix meninggal jimi hendrix experience jimi hendrix movie jimi hendrix album jimi hendrix film jimi hendrix angel jimi hendrix art jimi hendrix and eric clapton

Belum ada Komentar untuk "Fakta-fakta Dan Biografi Jimi Hendrix Legenda Rock Dunia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel