Iklan di header

Tips Bernyanyi Dengan Baik Dan Benar Bagi Pemula


Banyak yang berpandangan bahwa dibutuhkan suara yang merdu dan bakat yang besar untuk bisa bernyanyi, kususnya bagi anda yang ingin belajar bernyanyi dan mengikuti sebuah audisi. Namun faktanya, proses belajar terus menerus dan disiplin berlatih lah yang akan menjadi penentu seeorang akan pandai bernyanyi dan mengeluarkan suara yang di idam-idamkannya.

Jika anda berniat menggeluti musik, kususnya dunia olah vocal maka anda perlu bersiap-siap menghabiskan tenaga dan waktu anda untuk berlatih. Namun hal yang perlu anda ketahui adalah bukan hanya berlatih saja yang akan membuat suara anda menjadi lebih bagus, namun pola hidup sehari-hari. Oleh karena itu jika anda berniat belajar dan mengkuti sebuah audisi bakat bernyanyi, maka saya sarankan anda untuk terus membaca artikel ini sampai habis.

Sebelum saya lanjutkan, saya ingin menekankan dan menggaris bawahi bahwa untuk seorang pemula seperti anda terdapat 3 metode yang harus anda lakukan sebelum mengikuti sebuah audisi hal-hal yang berkaitan dengan ke-3 metode tersebut ialah: merawat pita suara, mempelajari materi, hingga pola makan dan minum anda setiap harinya.


MERAWAT PITA SUARA

Minum Air Putih

Sebelum anda benar-benar tampil, beberapa hari sebelum penampilan tersebut usahakan anda meminum banyak air putih disbanding hari-hari biasanya. Kegiatan seperti ini sangat diperlukan dan sangat penting karena akan menghindari pita suara anda dari dehidrasi, sehingga anda dapat bernyanyi dengan suara yang maksimal. Ketika anda melakukan kegiatan seperti yang saya sebukan diatas, usahakan jangan mengknsumsi dan meminum minuman lain, seperti jamu, soda dan jus.


Perhatikan Makanan Yang Anda Konsumsi

Perlu diperhatikan bahwa apapun makanan yang anda konsumsi setiap harinya, akan berdampak cukup signifikan terhadap kualitas suara anda. Saya sarankan bahwa anda harus menghindari makanan yang akan membuat pita suara anda kering dan serak seperti; cokelat, olahan susu, dan juga pasta. Perbanyaklan anda mengkonsumsi buah-buahan segar seperti apel atau anekan jenis sup yang masih hangat. 

Satu hal lagi yang biasanya dilupakan, yaitu anda lupa makan sebelum berlatih. Hal tersebut akan membuat kualitas suara anda menurun, jika anda memaksa dalam keadaan perut yang masih kosong.


Hindari Meminum Kopi

Hal yang ketiga adalah hindari mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi. Kopi  mempunyai sifat diuretic atau dengan kata lain dapat mempercepat proses pembentukan urine. Hal lain yang bisa anda alami ialah pita suara anda akan terasa gatal dan kering. Selain kopi ialah teh hitam yang  mempunyai kandungan kafein.


Mengkonsumsi Minuman Hangat

Tips terakhir yang ingin saya berikan untuk menjaga pita suara anda adalah meminum minuman hangat. Minuman yang bisa menjadi opsi anda adalah the herbal atau air putih yang sudah dimasak dan masih hangat. Anda bisa menambahkan campuran lemon, dan madu. Minuman-minuman yang saya sebutkan tadi akan melegakan tenggorokan anda dari dehidrasi, sehingga saat anda berlatih tidak akan terasa gatal.


MELAKUKAN PEMANASAN

Sering Melakukan Pemanasan

Seringlah melakukan pemanasan sebelum memulai latihan. Anda bisa melakukan dengan cara menarik nafas beberapa kali, menarik nafas dalam-dalam dan mengeluarkankannya. Saat mempraktikkan coba anda perhatikan posisi dada dan bahu anda. Pastikan anda merasa rileks dan merasa nyaman.

Hal kedua yaitu latihlah pernafasan diafragma anda, teruslah gunakan pernafasan diafragma jangan pernafasan dada. Untuk melatihnya coba anda meletakkan telapak tangan tepat didaerah perut bagian bawah, lalu tariklah nafas dalam-dalam hingga anda merasa telapak tangan anda bergerak. Kemudian hembuskan nafas sambil berdesis, ulangi latihan terus hingga pernafasan anda terasa stabil.


Relaksasikan Bagian Rahang Anda

Relakskan rahang Anda. Letakkan telapak tangan pada bagian bawah tulang pipi, kemudian pijat area tersebut menggunakan gerakan melingkar. Sambil dipijat, harusnya mulut anda akan perlahan-lahan membuka dengan sendirinya. Ulangi proses ini beberapa kali atau hingga rahang Anda terasa lebih relaks.


Melatih Menggetarkan Bibir Dan Lidah Anda

Untuk menggetarkan bibir, lekatkan bibir atas & bawah Anda, lalu cobalah melepaskan udara dengan menyebutkan alfabet  “h” & “b” (pastikan bibir Anda masih terkatup saat melakukannya). Setelah itu, nyanyikan tangga nada tertentu memakai alfabet  “b” sampai bibir Anda terasa bergetar; sebisa mungkin, jangan berhenti sebelum mencapai batas aporisma kemampuan Anda dalam waktu itu.

Untuk menggetarkan pengecap, letakkan lidah anda pada belakang 2 gigi seri Anda. Setelah itu, embuskan napas menggunakan alfabet  “r”, lalu nyanyikan tangga nada eksklusif dalam posisi lidah yang sama (rasakan pengecap Anda bergetar ketika melakukannya); sebisa mungkin, jangan berhenti sebelum mencapai batas maksimal yang bisa anda lakukan.


Coba Nyanyikan Tangga Nada Tertentu

Mulailah dari tangga nada rendah, kemudian naikkan secara sedikit demi sedikit sampai mencapai batas yang bisa anda capai. Apabila Anda belum pernah berlatih ataupun menyanyikan variasi tangga nada dan notasi nada apa pun sebelumnya, cobalah menelusuri video-video yg tersedia pada internet & menjadikannya menjadi panduan. Apabila Anda mempunyai instruktur vokal, mintalah bantuannnya untuk memilih variasi tangga nada yang sempurna.

Nyanyikan tangga nada menggunakan memakai kata “me”; jangan berhenti sebelum bunyi Anda mencapai batas maksimalnya. Setelah mencapai nada yang tertinggi, kembalilah ke nada yang paling rendah dengan menggunakan alfabet  “e”.


Lakukan Latihan Humming

Lakukan humming (bernyanyi dengan bergumam). Humming adalah cara sempurna buat mempersiapkan bibir, gigi, & tulang wajah Anda sebelum bernyanyi. Lekatkan kedua bibir Anda, posisikan rahang Anda sesantai mungkin, & keluarkan suara melalui hidung (selayaknya ketika Anda sedang bernapas). Setelah posisi suara Anda telah terasa lancar, cobalah bergumam dari notasi yang rendah hingga notasi yang tinggi.


Lakukan Pendinginan

Setelah melakukan pemanasan, jangan lupa melakukan proses pendinginan menggunakan cara bergumam lembut selama beberapa mnt. Alih-alih serius pada notasinya, cobalah buat lebih serius dalam getaran yg terasa pada bibir Anda; cobalah menggumamkan alfabet  “m” dan rasakan getarannya pada hidung dan area mulut Anda.


MENYIAPKAN DIRI UNTUK  TAMPIL DI DEPAN UMUM


Mencari lagu yang tepat

Untuk memberikan penampilan yg terbaik, pastikan Anda menentukan lagu yang bisa memaksimalkan kemampuan bernyanyi Anda, baik itu solo maupun penampilan duet.

Sebaiknya, pilih lagu yang telah pernah Anda nyanyikan dengan baik sebelumnya, dengan begitu anda tidak perlu report-repot berlatih dari awal. Sebaiknya anda hindari lagu yang tidak begitu popular, dan memp[unyai notasi yang tidak cocok dengan suara anda.


Pahami pesan yang terkandung pada lagu yang ingin dibawakan

Penyanyi yg baik harus mampu mengutarakan pesan serta emosi dalam lagu yang dibawakannya secara akurat. Sebelum bernyanyi di depan umum ataupun mengikuti sebuah audisi bernyanyi, cobalah memahami arti dan pesan yg terkandung dalam lagu yang akan Anda bawakan, cari juga keterkaitan antara lagu tadi dengan kehidupan sehari-hari Anda agar Anda bisa menyampaikan pesan yang terkandung dengan lebih baik.

Cari liriknya di internet & pahami arti setiap kata pada lirik tadi. Tanyakan kepada diri Anda apa pesan dan emosi yg terkandung dan ingin disampaikan oleh penulis lagu.


Pelajari materi yang akan dibawakan

Luangkan waktu sebanyak mungkin untuk mempelajari materi yang akan anda bawakan. Percayalah, persiapan adalah kunci paling krusial supaya memberikan penampilan yang terbaik. Satu minggu menjelang tampil, pastikan Anda meluangkan waktu untuk berlatih setidaknya satu jam sehari, proses ini harus Anda lakukan supaya suara yang anda hasilkan akan maksimal nantinya.


Persiapkan buku lagu

Sebelum mengikuti audisi atau tampil secara profesional, pastikan Anda telah menyiapkan semua perlengkapan yg diperlukan, terutama partitur lagu. Dengan demikian, kapan pun Anda merasa grogi & melupakan lirik atau nada lagu yg akan dibawakan, Anda akan mudah mempelajari partitur & materi yang ada didalamnya.
tips bernyanyi dangdut tips bernyanyi di starmaker tips bernyanyi rock tips bernyanyi dengan baik dan benar tips bernyanyi di smule tips bernyanyi merdu tips bernyanyi lepas tips bernyanyi bagus cara bernyanyi agar pas dengan musik cara bernyanyi agar nafas panjang

Belum ada Komentar untuk "Tips Bernyanyi Dengan Baik Dan Benar Bagi Pemula"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel