Iklan di header

Tips Memilih Dan Membeli Pick Gtar Bagi Pemula

Credit : Sebuah pick
Pick gitar atau dalam bahasa lain disebut Plektrum merupakan sebuah alat yang berbentuk tipis yang sering digunakan oleh pemain gitar untuk membantu memetik senar gitar mereka.
Terdapat banyak sekali jenis-jenis pick yang ada dipasaran. Bagi kalian yang menyukai dan memainkan musik rock dan metal saya menyarankan untuk memakai pick yang tebal, karena suara yang dihasilkan lebih teratur dan tegas.

Sementara bagi anda yang lebih suka memainkan gitar untuk mengirirngi lagu, saya sarankan anda memakai pick yang tipis, karena nuansa keruh dan kasar lah yang akan dihasilkan.Suara pick yang tipis juga akan lebih lembut dan manis.

Berdasarkan ukran dan bentuk gitar, pick dibagi menjadi 5 yaitu:

1. Extra light/thin

Pick jenis ini mempunyai ketebalan dibawah 0,44 mm. Nah bagi anda yang suka bermain gitar akustik saya menyarankan pick ini.

2. Light/thin

PIck jenis ini mempunyai ketebalan diantara 0,45 sampai 0,69..

3. Medium

Pick medium banyak dipasaran dengan ketebalan 0,70 sampai 0,84. Musisi pop dunia itu banyak memakai pick jenis ini.

4. Heavy/Thick 

mempunyai ketebalan 0,85 sampai 1.20

5. Extra Heavi/tick

pick ini mempunyai ketebalan diatas 1.50. Biasanya para pemain bass lah yang sering memakai pick tebal seperti ini.

Macam-Macam Pick Berdasarkan Jenis

1. Flat 

Dari namanya saja sudah tau ya bahwa pick jenis ini bentunya flat atau datar. pick inilah yang paling sering dipakai dan banyak sekali dipasaran dengan harga yang bermacam-macam. Bentuk yang simpel dan sederhana inilah yang menjadi alasan banyak gitaris yang memaikainya. Pick jenis ini sangat cocok sekali jika dipakai untuk mengiringi sebuah lagu.

2. ThumbPick

Tumpbpick adalah pick yang dipakai dijembal sebelah kanan, bentuknya panjang dan mirip sebuah kuku.

3. Fingerpick

Pick jenis ini merupakan pick yang dipakai dijari-jari selain di jempol, bentuknya hampir sama dengan thumbpick.

Jenis-Jenis Pick berdasarkan bentuk

1. Teardrop

Bentuk dari pick ini menyerupai sebuah tetesan air mata, dan merupakan pick yang paling banyak dipasaran. Saya yakin anda semua pasti pernah melihatnya.

2.Small Teardrop 

Pick jenis ini hampir sama dengan tearsdrop, amun ukurannya lebih kecil dan mini.

3. Triangle

Sama seperti namanya pick jenis ini berbentuk segitiga dan juga lumayan banyak dipasaran.

4. Leaf

Nah dari semua pick yang saya sebutkan diatas, mungkin Leaf pick inilah yang paling berbeda. bentuknya menyerupai sebuah gigi namun agak melengkung.

Tips membeli atau memilih pick untuk pemula

Setelah anda mengetahui jenis-jenis dan maca-macam pick yang ada dipasaran sekarang saya ingin memeberikan anda tips untuk memilih dan membeli sebuah pick bagi pemula,.

1. Tentukan karakkter aliran musik anda terlebih dahulu. Jangan sampai salah pilih. Jikan anda merupakan gitaris musik klasik saya sarannkan anda membeli fingerpick, jika anda seorang gitaris rock pilihlah pick yang tebal. Jangan sampai kebalik ya.

2. Pilihlah ukuran sedang atau medium jika anda ingin memakanya untuk mengiringi sebuah lagu.

3. Pilihlah pick yang kecil dan tebal juka anda ingin belajar melodi. Ini agar permainan anda leluasa dan tidak nyangkut saat memetik gitar pada kecepatan yang tinggi.

4. Pilihlah yang nyaman saat digunakan dan dipegang. Hindari pemakaian pick yang selalu terlepas saat dimainkan, karena lama-kelamaan jari anda akan berkeringat.

5. Berkonsultasi kepada teman yang menurut anda sudah sangat mengerti dunia musik kususnya dalam hal gitar, untuk menghindari pemakaian pick yang tidak tepat.

6. Belilah lebih dari satu buah, karena pick merupakan benda yang kecil jadi anda tidak bingung ketika pick anda hilang atau lupa saat menaruhnya.

pick gitar harga pick gitar custom pick gitar alice pick gitar jempol  pick gitar bass pick gitar bass pick gitar dunlop pick gitar custom satuan pick gitar listrik pick gitar png

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Dan Membeli Pick Gtar Bagi Pemula"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel