Iklan di header

Cara memegang biola dan bow yang benar untuk pemula

Jika anda ingin belajar dan bermain biola, hal yang pertama yang harus anda perhatikan adalah cara memegang dan memainkan biola yang baik dan benar. Jadi buang dulu keinginan untuk langsung praktek memainkan biola, karena kebanyakan pemula tidak mengetahui tata cara untuk menggunakan biola.

Cara memegang yang baik dan benar akan membantu anda untuk memainkan biola secara lkeluasa tanpa harus terganggu. Penggunaan cara yang tidak tepat akan mempengaruhi permainan anda. Berikut adalah cara menggunakan biola.


1.Cara Memegang Biola

Sebelum anda memainkan alat music biola, anda perlu mengetahui tata cara untuk memegang biola yang baik dan benar. Untuk mengetahui hal itu coba anda perhatikan gambar dibawah ini, yang menunjukkan posisi badan dan tangan untuk memegang biola, sedangkan bahu dipakai sebagai penggah biola.

Bagian belakang biola diletakkan diatas bahu kiri. Sedangkan dagu diletakkan pada bagian kusu pada biola yang berwarna hitam. Coba jepit biola anda dengan dagu dan bahu sebelah kiri, usahakan jangan sampai bergeser dan terjatuh, jika anda keram atau letih hal tersebut wajar, lama kelamaan anda akan terbiasa. Agar lebih jelas coba anda perhatikan gambar dibawah ini.
Credit : Tahan biola anda dengan bahu dan dagu

Jika usaha anda gagal dan biola anda masih bergeser, berarti posisi dagu dan bahu anda salah. Perlu di ingat bahwa fungsi bahu kiri adalah utuk mendorong biola keatas sedangkan dagu dipakai untuk menahan tekanan dari bahu kiri anda.

Jangan terlalu kuat saat anda menjepit biola dengan dagu karena akan menyakitkan dagu anda. Ingatlah selalu, bahwa yang bertugas untuk member tekanan adalah bahu sebelah kiri yang menekan keatas, Sementara dagu hanya untuk menahan saja.

Jika anda sudah berhasil menjepit biola dan biola anda tidak jatuh, maka dapat disimpulkan bahwa posisi menjepit anda sudah benar. Pastikan jangan ada bantuan dari tangan kiri saat menahan biola dan usahakan tetap santai.

Saat anda menahan biola dan memainkannya, usahakan hidung anda lurus menghadap ke kepala biola agar anda leluasa saat memainkannya. Perhatikan gambar dibawah ini.

Credit : Perhatikan panah biru (hidung anda lurus menghadap ke kepala biola)

Tips : Ingatlah bawa tangan kiri tidak berfungsi untuk menahan biola dan hanya bertugas untuk menekan senar sesuai nada-nada pada partitur lagu.


2. Cara Memegang Bow Biola

Jika tangan kiri bertugas untuk menekan senar, maka tangan kanan bertugas untuk memegang bow. Anda diwajibkan mengetahui, bagaimana cara yang baik dan benar dalam memegang busur biola, supaya suara atau nada yang dihasilkan lembut dan merdu. 

Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah saat anda menggesek bow, usahakan jangan miring agar suara yang dihasilkan bagus. Gesek diantara jembatan biola dan ujung leher, agar suaranya tidak terlalu berat. Perhatikan gambar dibawah ini.

Credit : Bow harus lurus dan gesekan bow berada diantara jembatan dan ujung leher biola

cara memegang biola yang benar cara memegang bow yang benar pemula video pdf lengkap anime memegang biola memegang biola dengan benar

Belum ada Komentar untuk "Cara memegang biola dan bow yang benar untuk pemula"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel