Iklan di header

Fakta-Fakta Dan Biografi Tentang Johann Sebastian Bach Komponis Besar

Johann Sebastian Bach adalah musisi yang lahir pada tanggal 21 maret 1685. Bach lahir dikota Eisenach yang sekarang bagian dari Negara jerman. Ayahnya merupakan musisi yang sangat ahli dibidang musik yaitu Johann Ambrosius Bach. Banyak yang berpendapat bakat yang dipunyai Bach adalah turunan dari sang ayah, yang pada waktu itu merupakan musisi yang mempunyai nama.

ibunya adalah perempuan biasa namun ibunya juga sangat antusias terhadap musik. Saat Sebastian Bach ingin belajar musik ibunya tidak pernah melarang bahkan lama kelamaan ibunya juga sangat mencintai dunia musik sama seperti Ayah Bach.

Ayah Bach merupakan pemain trompet dan pemain biola yang sangat terkenal di daerah tempat tinggalnya. Sedangkan, Paman-paman Bach juga merupakan musisi yang terkenal saat itu. Secara tidak langsung bakat dan kecintaan Bach terhadap musik tidak lepas dari peran keluarganya dan orang orang yang didekat Bach kecil.

Johann Sebastian Bach merupakan anak bungsu dari delapan bersaudara. Salah satu kakaknya juga sangat terkenal yaitu Johann Christoph Bach. Kehidupan Bach tidak sebagus karir musiknya.  Bach kecil sudah ditinggal oleh ibunya saat umurnya 9 tahun, tan tepat setahun kemudian Ayah Bach juga meninggal dunia.



Selepas kematian ayah dan ibunya, Bach tinggal bersama salah satu kakaknya yaitu Christoph Bach. Bersama kakaknya Bach hidup sederhana, namun kakaknya tidak pernah menelantar adik kandungnya tersebut. Christoph sangat sadar bahwa Bach adalah tanggung jawabnya, saat kedua orang tua mereka meninggal.

Sebastian Bach memiliki kecerdasan melebihi anak usia lainnya yang seumuran dangan Bach. Dia selalu rajin bersekolah dan dengan cekatan mampu mencerna pelajaran-pelajaran yang diajarkan kepadanya.  Hal tersebutlah yang menjadi alas an Sebastian Bach disukai teman-temanya.

Ketika dirumah kakaknya selalu member nasehat agar Bach menjadi anak yang baik. Christoph mengajari Sebastian cara memainkan beberapa alat musik diantaranya biola, organ, dan alat musik lain. Kakaknya lah yang berperan penting hingga Sebastian mengenal beberapa tokoj musik yang pada saat itu sangat terkenal seperti Martin Marais, Froberger, Lully, Louis Marchand, dan Pachelbel. Para musisi tersebut merupakan komponis yang termasyur kala itu.

Pada tahun 1699 Sebastian Bach mendapat beasiswa untuk mempelajari koor atau sejenis paduan suara.  Bach lalu pindah ke Lunerburg dan bersekolah di Santo Michael Luneburg. Sebastian Bach tidak sendirian namun bersama temannya yang kala itu juga mendapat beasiswa yaitu George Erdmann.

Sebastian tinggal di Luneburg selama dua tahun, pada saat itu lah dia belajar banyak tentang musik dan para musisi yang terkenal saat itu. Sebastian juga mendalami organ dan harpsichord dan sering sekali menonton konser para musisi dunia. Dengan berkembangnya pengetahuan yang dimiliki Bach, dia juga belajar bahasa perancis dan bahasa itali.

Dalam sebuah catatan Sebastian mempunyai seorang guru yang mengajarkannya berbagai ilmu dalam bidang komponis musik yaitu George Boehm. Sebastian juga bertemu dengan Reinchken, dan Brunc. Ketiganya adalah seorang pemain organ yang sangat terkenal saat itu.

Setelah itu, Sebastian Pindah ke Sangerhausen. Disana ia mendapat pekerjaan yaitu sebagai organis kerajaan. Sebastian mendapat pekerjaan ini setelah memenangkan sebuah pertandingan improvisasi musik kala itu. 

Sebastian adalah pribadi yang tidak puas dengan ilmu yang diperoleh dan diketahuinya. Walaupun dia sangat sibuk bekerja, namun dia masih menyempatkan untuk melihat sebuah konser musisi terkenal Dietrick Buxtehude.  Sebastian pergi jauh-jauh ke kota Lubeck hanya untuk melihat konser tersebut.

Pada tahun 1703 Sebastian memenangkan sebuah perlombaan musk organ yang diselenggarakan di gereja santo Blasius. Gereja ini merupakan gereja yang sangat banyak jemaahnya waktu itu. Berawal dari perlombaan itulah perjalan karir musik Sebastian meningkat drastis. Sebastian juga bertemu dengan Maria Barbara yang tak lain merupakan sepupunya sendiri, Keduanya pun menikah pada tahun 1703. 

Pernikahan bersama Barbara ternyata membuat Sbastian sangat bahagia. Sebastian pun dikaruniai tujuh orang anak , salah satunya adalah Wilhelm Friedemann Bach. Wilhelm mempunyai watak yang sangat mirip dengan ayahnya. Bahkan dalam hal musik Wilhelm tidak kalah berbakat dibandingkan ayahnya. 

Salah satu monumen Johann Sebastian Bach

Pada tahun 1720 Sebastian harus merelakan istri tercintanya pergi meninggalkan Sebastian untuk selamanya. Maria Barbara meninggal akibat penyakit yang pada waktu itu dideritanya. Barbara sudah menjalani hidup berdua bersama Sebastian selama 17 tahun.
Setelah Sebastian hidup sendiri tak lama berselang Sebastian bertemu dengan seorang gadis bernama Anna Magdalena Wilcken. Pernikahan kedua ini dilangsungkan pada tahun 1721. Dari pernikahan ini Sebastian dikaruniai 13 orang anak. Beberapa anak Sebastian dengan anna yaitu Carl Philip Emanuel Bach, Johann Christoph Friedrich Bach, dan Johann Cristian bach yang merupakan anak termuda.

Beberapa tahun setelah pernikah Bach dengan Anna, Sebastian Bch kemudian meninggal dunia pada tahun 1750. Sebelum Sebastian meninggal dunia, dia sempat mengalami kebutaan karena penyakit mata yang dideritanya.
Beberapa karya Johann Sebastian Bach yang sampai kini  masih dikenal yaitu.
  • 300 Contants, yaitu musik pendek yang dinyanyikan oleh sebuah paduan suara dan seorang penyanyi solo
  • 48 Figures, yaitu komposisi yang membawakan lebih dari satu tema dan suara yang berganti ganti.
  • Prelude, yaitu semacam gubahan lagu sebanyak 14 buah
  • 10 komposisi yang dimainkan dalam alat harpnika
  • 23 Concertos, yaitu komposisi yang dimainkan oleh satu atau lebih instrument yang didukung oleh sebuah orchestra
  • Overtures, yaitu komposisi musik pendahulu opera sebanyak 4 buah
  • 33 Sonata atau komposisi musik untuk satu alat, misalnya piano dan biola
  • 5 Mases atau kumpulan orchestra yang dimainkan bersama bersamaan
  • 3 Oratorius, yaitu komposisi musik keagamaan musik gereja
  • Dan masih banyak yang lainnya.


Disisi lain Sebastian adalah sosok yang sangat taat beragama. Setiap hari dia tidak lupa untuk mensukuri apapun yang diterimanya. Hal tersebut membuat karya-karya Sebastian Bach mempunyai semangat akan beragama. Hal tersebut bisa dilihat dari karya-karyanya yang memiliki cirri khas musik gereja.

Secara garis besar karya-karya Sebastian merupakan gubahan dari musik yang berkembang saat itu. Artinya, karya musik tersebut cenderung kepada  peningkatan kreasi terhadap musik atau memperhalus citra musik supaya lebih enak didengar.

Ada banyak sekali karya musik pada waktu itu yang sangat membosankan, namun ditangan Sebastian lagu tersebut menjadi luar biasa. Setiap musik pada waktu itu memiliki gaya dan irama yang berbeda-beda. Karakter musik yang berada di Eropa tentu berbeda dngan karakter musik dari benua lainnya. Begitu pula karakter musik yang ada dijerman akan sangat berbeda dengan musik yang berada dijerman.

Banyak sekali yang berpendapat bahwa Johann Sebastian Bach merupakan komponis terbaik yang pernah ada didunia. Walaupun hanya sebatas mengumpulkan sekian banyak irama musik dan diolah menjadi satu paduan yang menarik, tetapi tidak gampang untuk melakukan itu semua. Mungkin sampai kini hanya sosok Johann Sebastian Bach lah yang mampu.

johann sebastian bach dan beethoven adalah tokoh musik pada zaman johann sebastian bach air johann sebastian bach biografi johann sebastian bach wikipedia johann sebastian bach dan george frederick handel merupakan komponis terkenal pada zaman johann sebastian bach adalah salah satu komponis pada zaman johann sebastian bach adalah salah satu komposer pada zaman

Belum ada Komentar untuk "Fakta-Fakta Dan Biografi Tentang Johann Sebastian Bach Komponis Besar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel