Sekarang saya tidak ingin membahas apa itu tanda nada dan jenis-jenisnya, teman-tema juga pasti tau atau pernah mendengar tangga nada, baik di sekolah maupun saat membaca buku pelajaran kesenian. Saya sudah buatkan artikel tersendiri, tentang pengertian, apa dan juga jenis-jenis tangga nada, kalian bisa klik dibawah.


Pada alat musik gitar terdapat 6 senar terdiri dari senar no 1 yaitu senar paling kecil dibawah dan semakin membesar keatas. Semakain kalian memainkan senar ke arah kiri maka nada yang dihasilkan akan lebih tinggi.

Baca juga : Cara Stem Biola

Senar paling atas berfungsi sebagai bass atau nada rendah dan semakin kebawah akan semakin tinggi.


Pada not angka kita mengenal do re mi dengan sebuah simbol angka yaitu 1, 2, 3, 4, 5, 6,7 1' kita juga bisa membacanya do re mi fa sol la si do'. Pada alat musik gitar doremi tidak di tulis angka melainkan huruf abjad, kalau kita mengurutkan akan jadi ; C D E F G A B C'. Ada delapan jenis kan kalian bisa samakan dengan not angka.


Jika kalian ingin memainkan tangga nada pada gitar, kalian bisa lihat pada gambar dibawah.

Tangga nada gitar C mayor

Baca juga : Tips Memilih Dan Membeli Pick Gtar Bagi Pemula



Perlu diingat tangga nada diatas adalah tangga nada C. Kalian bisa memperaktekkan dan petik satu persatu gitar kalian dimulai dari C atau do dan seterusnya.
tangga nada pada gitar klasik belajar tangga nada pada gitar tangga nada doremi pada gitar urutan tangga nada pada gitar tangga nada minor pada gitar letak tangga nada pada gitar tangga nada pada gitar akustik tangga nada gitar akustik