Iklan di header

Legato Hammer-Ons Dan Pull-Off Pada Lead GItar

Halo sobat musik pada artikel kali ini saya ingin membahas mengenai "hammer-ons dan pull-off pada gitar lead" dan pada prakteknya kita akan memainkan legato. Pertama-tama apa itu legato? menurut wikipedia legato merupakan istilah yang berasal dari italia yang bermakna diikat. Secara singkat legato adalah membunyikan nada yang berurutan dalam satu waktu, yang kata lain tidak terdapat jeda.

Dalam pembelajaran lead gitar anda perlu mempelajari hammer-ons dan pull-off, teknik ini sangat sering dipakai oleh musisi-musisi dunia, dan merupakan teknik dasar yang wajib anda pelajari. Nah kedua teknik yang saya sebutkan tadi merupakan satu kesatuan dari legato karena anda memainkannya dalam satu waktu atau tanpa jeda.

Untuk pertama-tama saya akan menjelaskan tentang hammer-ons dan bagaimana cara melakukannya, lalu pull-off dan gabungan dari keduanya.

Hammer-Ons

Untuk memangkas waktu kita langsung saja ke praktek ya, karena kalau hanya teori mungkin akan membuat anda bingung. Letakkan jari telunjuk kiri anda di fret nomor tiga pada senar nomor 4, lalu petik lah senar.

Saat senar masi berbunyi, ketuklah fret nomor 5 menggunakan jari manis sehingga nadanya berubah lebih tinggi. Ingat saat anda mengetuk senar tersebut pastikan senar masih berbunyi bukan sebaliknya.

Pengetukan tersebut bertujuan untuk menghasilkan nada kedua, tanpa perlu anda memetik senar. Agar lebih jelas perhatikan video dbawah ini:


Pull-Off

Bagian kedua dari legato teknik adalah pull-off. Pull-off sendiri merupakan kebalikan dari teknik hammer-ons. Tempatkan jari manis anda pada fret nomor 5 pada senar nomor 4, petiklah senar lalu lepas jari. Saat melepas jari, pastikan jari telunjuk anda sudah siap untuk menahan senar pada fret nomor 3.

Ketika anda melepas jari telunjuk, petiklah sedikit senar tersebut sehingga menghasilkan nada ketika di lepas. Agar lebih jela perhatikan video dibawah ini:


Sekarang waktunya kita untuk menggabungkan keduanya. Sebenarnya jika anda sudah mengerti kedua teknik legato yang saya ajarkan datas, maka saya rasa anda tidak akan mengalami kesulitan saat melakukan variasi ini.

Untuk pengingat saja, anda  mungkin tidak akan langsung mahir dalam bermain lead gitar dalam hitungan hari, minggu, atau bahkan hitungan bulan, namun kerja keras dan latihan yang disiplin akan membantu anda untuk mengembangkan skill lead gitar anda.

Untuk itu saya merekomendasikan agar anda terus membacara kelanjutan artikel ini sampai habis. Pada awal-awal anda berlatih mungkin jari-jari anda akan merasa sakit dan mungkin akan mengalami luka, hal tersebut wajar jadi anda tidah usah kawatir.

Hindari untuk berlatih terlalu keras, karena otot jari anda butuh untuk istrirahat. Berlatihlah 30 menit sehari. Berlatih singkat namun sering juga bertujuan agar anda tidak mudah merasa bosan dan frustasi, dan nantinya hasil latihan anda akan maksimal.

                           <-----------Baca artikel sebelumnya  Baca artikel selanjutnya--->

Referensi;

Wikipedia
pixabay
guitar lesson
youtube.com
https://www.youtube.com/watch?v=8ry-rTrqgnQ

Belum ada Komentar untuk "Legato Hammer-Ons Dan Pull-Off Pada Lead GItar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel