Iklan di header

Cara Mudah Mencari Kunci Gitar Pada Sebuah Lagu

Halo sahabat musik, kali ini saya ingin membahas dan membagikan cara mudah mencari kunci gitar pada sebuah lagu. Sebenarnya cara ini bisa di praktekkan bukan hanya pada gitar namun pada semua instrument musik yang memakai chord atau kunci seperti piano, gitar, ukulele, dan lainnya.

Saya yakin kalian semua pasti berpikir bagaimana caranya? pasti sulit dan rumit? Memang benar cara ini agak sukar dimengerti, namun jika kalian tahu step by step dan inti pembahasannya maka akan mudah dan menyenangkan, dan saya yakin anda tidak lagi merasa pusing saat mencari kunci sebuah lagu.

Disini saya akan mencontohkan sebuah lagu yaitu winter wonderland. Yang saya yakin sudah banyak yang mengetahui lagu tersebut. Mengapa saya mencontohkan lagu ini karena cukup mudah dan simpel, menjadikan lagu ini sangat cocok untuk dijadikan bahan pembelajaran kita.

Hal pertama yang perlu anda ketahui dan perhatikan adalah kunci dasar. Apa itu kunci dasar? Menurut saya kunci dasar adalah kunci yang mengawali sebuah lagu atau kunci yang biasa berada di awal dan menjadi dasar kemana chord atau kunci selanjutnya berada atau berubah. Nah kunci dasar ini akan menjadi patokan kita nanti untuk mencari chord penghubung dan chord selanjutnya pada sebuah lagu.

Sudah saya katakan bahwa kunci dasar ini sangat penting. Kunci dasar juga akan menentukan apakah sebuah lagu menggunakan Mayor (M) atau minor (m). Nah bagaimana cara mencari chord atau kunci sebuah lagu yang baik dan benar, ikuti langkah langkah dibawah ini.

1. Dengarkan Lagu Yang Ingin Di Pelajari


Ini sangat penting dan saya katakan sangat wajib bagi kalian mendengarkan lagu tersebut terlebih dahulu. Letakkan gitar anda, dan carilah tempat yang tenang dan sepi untuk membantu konsentrasi anda. Saya sarankan anda juga memakai headset saat mendengarkan karena suara yang dihasilkan akan lebih jelas yang membuat anda mudah mencari chord dasar yang sudah saya katakan tadi.

Silahkan anda dengarkan lagu winter wonder land di bawah ini:


2. Nyanyikan Lagu Yang Ingin Dipelajari


Kali ini anda perlu menyanyikan lagu tersebut sekali lagi, namun tanpa perlu memutar musik. Cobalah bernyanyi dengan nada yang persis seperti pada lagu. Jika kalian tidak bisa bernyanyi, cobalah dengan bergumam atau bersenandung. Ulangi dari awal sampai anda benar-benar menelaraskan nyanyian anda dengan musik yang ingin di pelajari.

Setelah anda bergumam dan mengetahui nada dari lagu, kini ambil gitar anda dan mencari chord atau kunci apa yang selaras dengan gumaman anda. Cobalah satu persatu dari kunci C, C#, D, D# sampai pada C yang tinggi. Jika anda sudah mengetahui kunci dasar maka langkah selanjutnya akan semakin mudah.

Sebenarnya pada tahap ini anda perlu berlatih. Saya pastikan anda akan merasa kesusahaan saat mencoba untuk pertama kalinya, namun lama-kelamaan jika anda terus berlatih, maka pada step kedua ini akan sangat mudah bahkan ada bisa langsung mengetahui nada dan kunci dasar dalam sekejab saja.

3. Menentukan Apakah Kunci Dasar Adalah Mayor Atau Minor

Setelah anda mengatahui nada lagu kini coba anda praktekkan pada alat musik anda, apakah kunci dasar tersebut adalah kunci mayor atau minor. Jika tidak selaras maka berarti kunci yang anda tekan salah, cari terus hingga anda menemukan kunci yang selaras dengan lagu yang anda pelajari.

Coba dengar sekali lagi lagu diatas, dan praktekkan dengan kunci yang anda tebak. Pada lagu di atas chord yang dgunakan adalah C, putar kembali dan tekan kunci C lalu Cm, mana yang terdengar selaras dengan lagu, jika tebakan anda adalah C mayor maka anda benar.

4. Mengetahui Mayor Key 

Mayor key adalah kunci yang mempunayi nilai atau sering sekali dipakai dalam tangga nada pada kunci dasar (pasti bingung kan). Sebagai contoh diatas lagu winter wonderland memakai C sebagai kunci dasar, jadi dalam arti lain nada Do = C atau nada do adalah C, kalau ditulis do re mi fa so la si do ialah C, D, E, F, G, A, B, C'. sekarang ini saya anggap kalian sudah mengerti itu tangga nada, karena saya ingin lebih membahas chord.

Nah jika do = C maka C, F, G, adalah mayor key, dimana ketiga kunci itulah yang sering sekali digunakan dalam kunci C mayor, ingat ya C mayor saja. memang ada beberapa yang tidak memakai, namun karena pembahasan ini masih basic, maka kita mulai dari yang paling dasar dulu. Jika ditulis secara urut maka C, D, E, F, G, A, B, C'. Untuk kunci dasar lain perhatikan dibawah ini.

D, E, F#, G, A, B, C#, D'
E, F#, G#, A, B, C#, D#, E'
F, G, A, Bb, C, D, E, F'  .......dst!

Dalam kata lain jika ditulis dengan notasi 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 1' atau do, re, mi, fa, sol, la, si, do'.

Pada lagu winter wonderland coba anda cari kemana kunci berubah menggunakan mayor key, karena saya sudah katakan lagu tersebut menggunakan C mayor maka saya rasa anda akan mudah mencarinya menggunakan mayor key yaitu C, D, E, FG, A, B, C'.

Hasilnya perhatikan bisa dilihat dibawah ini :

Winter Wonderland

             C
Sleigh bells ring, are you listening?
     
In the lane, snow is glistening
  G                 
A beautiful sight, we're happy tonight
                                               C
Walking in a Winter Wonderland

belajar gitar cort lago chord lagu kord lagu lengkap yang baik dan benar mencari kunci gitar secara cepat

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Mencari Kunci Gitar Pada Sebuah Lagu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel