Iklan di header

Memasang Senar Gitar String Klasik Listrik Dan Ukulele

Hari ini saya akan membahas bagaimana cara terbaik dan benar untuk memasang tali atau senar gitar pada gitar kesayangan anda, cara ini juga bisa diterapkan pada ukulele atau kentrung dan bass. Penggantian senar atau string gitar ini merupakan salah satu cara untuk merawat gitar agar menghasilkan suara yang jernih dan powerfull.

Sebenarnya anda tidak perlu menunggu sampai senar pada gitar anda putus untuk menggantinya, ini sangat penting agar suara yang dihasilkan tidak membosankan. Saran saya jika memang adalah seorang musisi yang memakai gitar untuk manggung atau konser, gantilah senar gitar anda dua minggu sekali. Namun jika anda hanya menggunakan gitar untuk sekedar hobby atau untuk keperluan pribadi, satu kali setiap bulan saja sudah cukup.

Sebelum anda memasang senar gitar saya sarankan anda untuk membuat sebuah minuman untuk menjadi teman selama anda memasang kan pada gitar, seperti secangkir kopi. Karena proses pemasangan terkadang membuat anda frustasi dan bosan. Jika anda memasang senar dengan keadaaan frustasi bukan tidak mungkin suara yang dihasilkan akan tidak maksimal bahkan bisa langsung putus, saran saya pelan-pelan dan relax.

Alat-alat yang anda butuhkan adalah :

1. Satu paket senar


2. Tang potong


3. Alat bantu untuk memutar knob gitar (rekomendasi)


4. Tempat yang datar, seperti meja

Sebagai alternatif anda bisa meletakkan sebuah bantal
dibawah neck gitar anda

Untuk tahap-tahapnya ikuti di bawah ini:

Kendurkan Senar Lama Anda 


Sebelum anda melepas senar lama anda, ada baiknya kendurkan terlebih dahulu. Ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan yang dapat melukai anda sendiri. Pakai lah alat bantu pemutar agar pengenduran berjalan dengan cepat.

Kendurkan satu persatu mulai dari senar nomor satu hingga senar nomor enam. Pastikan benar-benar kendur untuk menghindari senar yang terpelintir.

Potong Senar Gitar Lama Anda


Pada tahap ini potong senar gitar anda tepat diatas lubang resonansi. Pakai tang pemotong dan hati-hati jari anda terkena senar yang telah terpotong tadi.

Keluarkan Pin Senar Gitar


Jika anda mempunyai alat bantu pemutar yang saya sebutkan tadi, biasanya terdapat bagian yang berfungsi untuk menyungkit pin senar pada jembatan gitar. Pakailah untuk  mencabut pin, jangan menggunakan obeng atau pisau karena bisa merusak  jembatan gitar.

Lepas Senar Pada Kepala Gitar


Lepaslah senar satu persatu. Pada tahap ini sangatlah mudah karena anda hanya tinggal melepasnya. Yang perlu anda perhatikan adalah jauhkan senar yang terlepas dari mata anda karena bisa melukai bagian tubuh anda.

Bersihkan Gitar Anda


Sebenarnya saya anjurkan untuk  membersihkan gitar anda setiap hari. Namun terkadang ada beberapa bagian yang sulit untuk dijangkau. Bersihkan bagian tersebut dengan kain yang bersih dan halus. Hindari kain basah karena bisa menyebabkan jamur pada gitar.

Masukkan Senar Pada Jembatan gitar


Pasang dan masukkan senar pada jembatan gitar dengan ujung senar yang mempunyai pentolan. Pentolan ini berfungsi untuk menahan senar terpelintir dan terlepas dari pin yang menahan senar.

Periksa Dudukan Senar


Hal ini cukup penting untuk memastikan tidak ada kotoran atau bagianb yang tajam karena dapat membuat putus senar gitar baru anda. Berikan sedikit bubuk pensil yang menjad pelumas agar supaya dudukan senar tidak licin dan mengurangi gesekan saat senar di tegangkan dan di stem.

Pasang Senar Pada Knob


Pasang Senar baru anda. Usahakan memasang senar nomor 6 terlebih dahulu, namun ini bukan patokan wajib. Pegang Senar dengan tang kanan dan tangan kiri memutar Knob. Putar secara perlahan agar agar senar terlilit rapi. Tahan senar dengan tangan kanan agar senar tidak kendur.

Potong Sisa Senar



Potong sisa senar yang telah anda pasang. ini bertujuan untuk menghidari hal-hal yang tidak di inginkan seperti terkena bagian tubuh anda dan orang lain. Pemotongan juga bertujuan agar ujung senar tidak merusak case atau tas gitar ketika anda menyimpan dan memasukkan didalam case saat bepergian.

Stem Dan Bersihkan gitar sekali lagi

Pada tahap ini saya tidak akan menerangkan terlalu banyak karena saya sudah membuatkan artikelnya disini. Bersihkan sekali lagi menggunakan kain yang halus dan gitar anda siap untuk dipakai. Biasanya gitar akan kembali sumbang, hal ini normal karena senar gitar butuh penyesuaian dan terjadi penyusutan. Saran saya stem gitar setiap kali anda.
cara stem gitar cara pasang senar gitar listrik akustik klassik dan ukulele jual gitar beli gitar murah bagus dan tahan lama gitar adalah

Belum ada Komentar untuk "Memasang Senar Gitar String Klasik Listrik Dan Ukulele"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel