Iklan di header

Penomoran Pada Senar Fret Dan Jari Dalam Bermain Gitar

Kali ini Cikipod akan membahas penomoran pada jari, fret, dan senar dalam bermain gitar. Perlu kalian ketahui bahwa dalam beberapa buku musik kususnya untuk pemain gitar ada yang namanya tablatur yaitu penulisan nada atau melody selain mmenggunakan partitur. Nah dalam Tablature atau biasa disebut tab, sering seklai di jumpai nomor, baik bagaimana kita harus menekan atau memakai cari, fret atau pun senar yang dipakai. Namun kali ini saya akan membahas dasar-dasarnya saja secara singkat.

Beberapa orang menganggap bahwa hal ini tidak terlalu penting, namun menurut saya hal ini sangat penting dimana kedepannya anda akan semakin cepat dan mudah dalam mempelajari gitar anda.

Mari kita mulai dengan sistem penomoran pada jari anda, ini akan sangan simple jadi anda akan mudah sekali mengerti. Jari telunjuk anda adalah nomor 1, jari tengah anda adalah nomor 2, jari manis anda adalah nomor 3, jari kelingking anda adalah nomor 4.

Credit : gambar sistem penomoran jari

Pada gambar diatas mungkin bagi anda sangat sederhana, namun jika anda belajar cara membaca diagram chord, tablature, skala diagram, dan partitur lagu, jika anda tidak mengetahui sistem penomoran yang saya jelaskan diatas maka anda akan bingung.

Sekarang kita bahas sistem penomoran pada pada senar gitar. Beberapa pemula mengira bahwa senar yang paling besar yaitu E adalah senar nomor 1 karena mereka tidak mengetahui adanya sistem penomoran pada senar gitar. Jika hal itu maka tentunya akan terbalik jika disuruh untuk menyebutkan nomor-nomor pada senar gitar.

Kita mulai dari senar yang paling kecil dan berada di paling bawah. Senar gitar tersebut diberi nomor 1, senar diatasnya nomor 2, diatasnya adalah nomor 3, dan begitu seterusnya hingga senar paling atas yaitu senar nomor 6.

Sistem penomoran terakhir yang ingin saya bahas adalah fret gitar, dan fret tersebut adalah logam-logam yang dilekatkan pada neck atau leher gitar. Dan untuk mengingatnya sangat mudah anda hanya perlu menghitung dari fret paling ujung yang merupakan fret 1, dan terus hitung hingga fret yang paling kanan.

Sebenarnya pembahasan ini sudah habis karena sistem penomoran tersebut sangat simpel dan saya yakin anda mudah menginggatnya. Sebagai bahan contoh lihat gambar dibawah ini:


Pada gambar tersebut, jika dijelaskan berdasarkan sistem penomoran yang sudah kita pelajari maka, anda menggunakan jari nomor 1 (telunjuk), pada fret no 1, dan pada senar nomor 1. Dan perhatikan gambar selanjutnya.


Pada gambar diatas bisa dikatakan anda memakai jari nomor 1, pada senar nomor 1, pada fret nomor 5, mudah bukan. Jadi untuk mempercepat penghafalan saya sarankan anda untuk meluangkan waktu untuk menghafal, membaca  diagram chord, dan membaca tab, hingga anda menghafal sistem penomoran tadi.

Belajar gitar belajar tab belajar fingering gitar sistem penomoran pada gitar belajar gitar secara cepat

Belum ada Komentar untuk "Penomoran Pada Senar Fret Dan Jari Dalam Bermain Gitar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel