Iklan di header

Cara Mudah Belajar Fingerstyle Gitar dan pattern pattern pada fingerstyle

Halo sobat musik, kali ini saya ingin membahas  beberapa metode bagi anda yang ingin belajar fingerstyle gitar. Ada tiga pattern yang ingin saya bahas pada kali ini, apa saja itu mari kita belajar sama-sama.

Namun sebelum itu saya ingin sedikit bercerita, kebanyakan orang (termasuk saya sendri) jika ingin belajar gitar kususnya fingerstyle, maka dia akan langsung memutar lagu atau melihat video konser band atau lagu yang ingin dia pelajari, lalu segera mempraktekkannya dengan gitar mereka. Namun menurut saya tindakan tersebut kurang tepat, karena kita bingung bagaimana metiknya? atau kok cepet banget? nah untuk menghindari hal itu mari kita mulai dari hakl yang paling dasar sekali, dan memfokuskan diri untuk menerapkan metode yang benar.

Pattern nomor satu adalah rolling pattern. Pada pattern ini sangat sederhana , sebagai contoh kita memakai chord C. Caranya adalah anda hanya perlu memetik senar dari senar nomor 5 lalu nomor 4, 3, dan nomor 1, bergantian menggunakan jari jempol, lalu telunjuk, jari tengah dan jari manis, lalu petik gitar sebaliknya. Lihat partitur dan tab dibawah ini dan putar lagunya lewat web browser anda:




Pattern ini sangat sedehana bukan, namun sangat penting. Alasan pertama adalah, anda bisa melatih dan mengontrol jemari anda bersamaan. Anda bisa menggunakan rolling pattern untuk mengiringi seseorang untuk bernyanyi, dan juga anda bisa bermain solo menggunakan pattern ini.


Alasan kedua adalah anda bisa memfariasikan permainan gitar anda dengan instument lain, seperti piano, biola dan alat musik lainnya.

Jika anda tidak pernah memakai rolling pattern cobalah memetik senar dengan perlahan-lahan hingga anda terbiasa. Jika anda sudah mulai cekatan, gunakan tempo yang lebih cepat, dan begitu seterusnya.

Anda juga bisa mempraktekkannya pada chord lain seperti G, F atau D. Saran saya cobalah satu persatu untuk menambah keterbiasaan anda memetik senar gitar.

Pattern kedua sedikit lebih rumit, pada pattern ini biasa saya sebut petikan empat langkah, kenapa saya sebut begitu karena cara memetik nya tidak urut seperti rolling patter, namun bergantian, perhatikan tab dibawah ini.




Pada gambar diatas  saya memekai chord C sebagai contoh, cara memetiknya adalah petik senar  no 5 menggunakan jempol anda, lalu petik senar nomor 2 menggunakan jari telunjuk, lalu petik kembali senar no 5 menggunakan jempol dan terakhir, petik senar nomor 1 menggunakan jari tengah. Dengarkan audio nya dibawah ini.

Anda juga bisa mempraktekkannya menggunakan chord lain, dan terus latih sampai anda benar-benar bisa, jangan lupa untuk menambah temponya dari lambat sampai secepat yang anda bisa.

Untuk pattren selanjutnya adalah travis picking pattern, saya membaginya denga 4 step yang perlu anda pelajari.

Step nomor 1 adalah, anda memetik bass gitar secara konstan artinya petiklah senar tersebut menggunakan jempol anda lihat lah tab di bawah ini;




Step nomor 2 adalah kelanjutan dari yang saya sebutkan diatas, sedikit mirip namun perbedaannya jempol anda bergantian memetik senar nomor 5, lalu senar nomor 4, senar nomor 5 lagi, dan senar nomor 4. Ingat ya semua yang saya contohkan memakai kunci C.  Perhatikan tab dibawah ini.



Step nomor 3 adalah memainkan melodi di barengi bass. Jadi dengan kata lain anda sedang memainkan melodi, dan disisi lain anda juga mengiringinya dengan bass. perhatikan gambar dibawah ini.




Step terakhir yaitu step nomor 4 adalah anda menambahkan beberapa melodi, di atas melodi yang tadi sudah anda pelajari, sambil menjaga agar bass gitar masih terdengar. Perhatikan gambar dibawah ini.




Memang perlu waktu lebih untuk mempelajari pattren-pattern yang saya sudah sebutkan tersebut, namun saya yakin jika anda rajin berlatih, anda tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk menguasainya. Berlatihlah minimal 30 menit setiap hari, dan tambah kecepatan seiring skill anda bertambah. Semoga artikel yang saya buat dapat membantu sobat musik untuk lebih giat belajar gitar.

belajar gitar secara cepat dan lengkap belajar fingerstyle gitar belajar cort belajar gitar yang baik dan benar 

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Belajar Fingerstyle Gitar dan pattern pattern pada fingerstyle"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel