Iklan di header

Tips dan Trik Bermain Ukulele

Halo sobat musik kali ini saya ingin membahas beberapa point penting dalam memainkan ukulele berserta urutan senar pada ukulele 4 senar, strungming (gengreng) dan posisi untuk menahan ukulele yang baik dan benar. Sebenarnya saya sudah beberapa kali menulis artike tentang ukulele anda dapat membacanya disini lengkap.

Ukulele merupakan alat musik yang sangat asyik dimainkan, dan saya merasakan hal tersebut saat memainkannya. Jika  anda pandai atau bisa memainkan gitar akan lebih mudah saat bermain ukulele karena chord dan kuncinya hampir sama, walau berbeda nilai not. Dan bagi anda yang belum pernah berman alat musik, ukulele akan menjadi alat musik yang tepat bagi anda untuk belajar.

Ukulele berbeda dengan gitar yang memakai stainless pada senarnya, ukulele memakai senar nilon. Pemakaian senar nilon menjadikan ukulele mudah untuk dimainkan karena lebih ringan saat  menekan dengan jari kiri anda.

Chord atau kunci pada ukulele juga lebih simpel dan mudah dipelajari karena ukulele hanya memakai 4 senar, berbeda dengan gitar yang memakai 6 senar.

Sebenarnya saya ingin mengajarkan kepada anda, bagaimana cara menyetel senar ukulele, namun karena saya sudah membuatnya pada artikel lain jadi anda bisa membacanya disini.

Pada tunning standart senar ukulele yaitu G, C, E, A. Namun terkadang tuning akan berubah tergantung kebutuhan dan musik yang dimainkan. Untuk kali ini sebagai pemula kita ikuti tunning standar ukulele seperti diatas.

Posisi Menahan Ukulele Yang baik Dan Benar

Setelah anda mengetahui urutan senar ukulele, saya ingin menjelaskan bagaimana cara memegang baik itu tangan kiri atau tangan kanan dalam bermain ukulele.

Cara memegang ukulele sedikit berbeda dengan gitar walaupun tampaknya mirip satu sama lain. Dalam bermain gitar tangan kiri anda tidak menahan neck (leher) gitar.gitar ditumpu dan ditahan oleh tubuh anda (ketika bermain gitar saat duduk).

Sedangkan ketika anda berman ukulele anda harus menahan ukulele dengan kedua tangan anda. jepitlah ukulele menggunakan tangan anda, dan tahan sedikit neck ukulele dengan tangan kiri. Keduanya harus seimbang, karena kalau anda menahan ukulele dengan tang kiri terlalu banyak permainan chord anda akan terganggu, begitupun dengan tangan kanan. Perhatikan gambar dibawah ini:

Posisi menahan ukulele yang benar
Struming (menggenjreng) Ukulele

Setelah anda mengetahui bagaimana menahan ukulele yang baik dan benar sekarang waktunya anda mulai memainkan ukulele anda.  Gunakan jari telunjuk anda untuk struming pada fret yang paling dekat dengan lubang resonansi.

Penggunaan jari telunjuk ini merupakan hal dasar dalam memainkan ukulele, gunakanlah jari telunjuk sampai anda melakukan struming dengan baik. Seiring waktu posisi tersebut akan berubah, namun saran saya pakailah metode diatas jika anda merupakan pemula. Perhatikan video dibawah ini:


Saran terakhir dari saya jangan putus asa juka anda tidak berhasil dalam menerapkan metodek diatas dalam permainan anda. Teruslah kembangkan permainan anda setiap hari. Luangkan minimal 30 menit setiap hari untuk melatih tangan kiri dan tangan anda.

Saya juga tidak menjamin anda akan menjadi pemain profesional, karena semua yang anda lakukan sekarang lah yang akan menentukan dimasa depan anda akan seperti apa. Jadi teruslah belajar hal baru dan nikmati prosesnya, salam.


Belum ada Komentar untuk "Tips dan Trik Bermain Ukulele"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel