Iklan di header

Cara Menggunakan Vibrato Pada Lead Gitar Yang Baik Dan Benar

Halo sobat musik pada kali ini saya ingin memberikan dan mengajarkan kepada anda salah satu teknik yang bisa menggebrak permainan lead gitar anda. Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas artikel tentang apa dan bagaimana cara menggunakan teknik bending dalam bermain gitar.

Teknik ini bisa anda gunakan dalam berbagai jenis musik, dan dapat menjadi pondasi yang kuat nantinya seiring bertambahnya keahlian skill gitar anda, teknik yang akan saya bahas adalah teknik vibrato pada lead gitar.

Teknik vibrato adalah salah satu tenik yang bisa membuat permainan gitar anda akan lebih berkembang, kita ambil contoh gitaris dunia yang sering memakai vibrato adalah BB King. BB King adalah salah satu gitaris dunia yang terkenal akan teknik vibratonya, dia lebih menekankan teknik vibrato yang teratur dan bersih dibandingkan gitaris lain. Perhatikan cuplikan video dibawah ini:



Video diatas hanya sepenggal permainan gitar yang menggunakan teknik vibrato, masih banyak lagi gitaris dan lagu yang memakai teknik video didalamnya. Ketika anda menonton mungkin terlintas didalam pikiran anda untuk mengikuti permainan gitaris tersebut bukan, hal itu normal namun saran saya anda perlu mencari ciri khas anda sendiri dalam menggunakan teknik vibrato.

Lau bagaimana caranya? Caranya adalah cari dan putar musik dan lagu favorit anda dan gunakan teknik vibrato pada lagu tersebut. Contohlah hal-hal yang bagus dari gitaris lain namun tetap lah dengan ciri khas anda sendiri.

Ada berbagai jenis teknik dalam vibrato, namun saya ingin membahas dua jenis saja. Kenapa bisa terdapat banyak teknik dan jenis, karena seperti saya katakan tadi, setiap gitaris dan musisi mempunyai skill dan ciri khas mereka sendiri.

Teknik yang pertama adalah teknik yang paling sering digunakan oleh gitar, teknik ini juga cukup mudah dan saya yakin anda tidak bingung untuk melakukannya.

Petklah senar nomor 2 pada fret nomor 6 dengan jari kelingking, dan doronglah keatas dibantu oleh jari lainnya. Teknik ini hampir sama dengan teknik bending namun anda melakukannya berulang-ulang. Perhatikan video dibawah ini:


Pada video diatas dapat anda perhatikan bahwa teknik tersebut mirip dengan teknik bending, namun diulang-ulang. Jadikan jempol kiri anda sebagai tumpu agar saat melakukan teknik vibrati jari anda kuat mendorong senar. Pada teknik yang pertama ini pergelangan anda berfungsi sebagai poros, jadi yang bergerak adalah pergelangan dan jari anda saja.

Teknik nomor dua adalah teknik vibrato yang sering dilakukan oleh Eric Johnson. Jika pada teknik pertama jempol kiri anda berfungsi sebagai tumpuan, maka pada teknik kedua ini jempol anda tidak menumpu jari, dan lepaskan jempol jari kiri dari neck gitar, lalu doronglah senar dengan seluruh jari anda. Agar lebih jelas perhatikan video dbawah ini:


Bisa anda perhatikan pada video diatas, saat melakukan teknik vibrato jempol kiri tidak menyentuh neck gitar bukan, hal tersebutlah yang menjadi perbedaan dasar. Saya sendiri tidak ingin mengatakan mana yang lebih bagus dari kedua teknik tersebut, cobalah satu persatu hingga anda merasa nyaman dan cocok dari kedua teknik diatas.

Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan teknik vibrato adalah kecepatan vibrato, apakah anda ingin melakukan vibrato yang cepat atau vibrato dengan kecepatan yang lambat. Hal tersebut sangat berhubungan dengan emosi dan jenis musik yang sedang dimainkan.

Hal kedua yang bisa membuat teknik vibrato anda berkembang adalah lebar senar yang digeser saat melakukan vibrato. Semakin lebar senar digeser maka akan menghasilkan nada yang tinggi, dan semakin lebar vibrato maka akan lebih susah dilakukan.

Vibrato adalah salah satu teknik yang sangat personaliti. Artinya tidak ada acuan baku saat melakukan vibrato, atau bisa dibilang tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar ketika seseorang berdebat mengenai teknik ini, ada banyak gitaris yang menggunakannya dan ada pula yang bahkan tidak pernah nelajar tenik ini, jadi terserah kepada diri anda sendiri.

Dan hal terakhir yang ingin saya sampaikan, jangan berkecil hati jika anda tidak berhasil menggunakan teknik ini, teruslah belajar dan cari tahu kesalahan anda. Untuk awak-awal jari-jari anda pasti akan terasa sakit, dan mungkin sedikit lecat, hal ini wajar jadi anda tidak perlu kawatir. Sebagai bonus saya sajikan video permaian lead gitar yang menerapkan teknik vibrato.


                           <-----------Baca artikel sebelumnya  Baca artikel selanjutnya--->

Referensi;

Wikipedia
pixabay
guitar lesson
youtube :
https://www.youtube.com/watch?v=4fk2prKnYnI
https://www.youtube.com/watch?v=8ry-rTrqgnQ

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan Vibrato Pada Lead Gitar Yang Baik Dan Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel